Sejarah Penemuan & Perkembangan Mobil

11.10 | Buliran.com

SEIRING dengan kemajuan teknologi, industri dunia terus menunjukkan perkembangan yang pesat. Bahkan saat ini beberapa pabrikan telah mengembangkan masa depan yang bisa berjalan sendiri tanpa sopir yang disebut dengan mobil otonom, , hingga mesin yang bekerja menggunakan tenaga listrik.

Tapi tahukah Anda asal mula atau pertama kali mobil ditemukan. Beberapa sumber menyebutkan, mobil merupakan kependekan dari otomobil yang berasal dari bahasa Yunani ‘autos' dan bahasa Latin movere'. Autos artinya sendiri dan movere artinya bergerak.

11. 1 Ferdinand Verbiest | Buliran.com

Dikatakan, kendaraan pertama kali ditemukan oleh Ferdinand Verbiest, sekitar tahun 1672, yang bekerja menggunakan tenaga uap. Kemudian pada 1752, Leonty Shamshurenkov, seorang berkebangsaan , membuat konstruksi kendaraan yang mirip kereta salju bertenaga manusia. Ia juga melengkapi kendaraan buatannya dengan odometer.

11.3 Nicolas Joseph Cugnot | Buliran.com

Kemudian pada akhir abad 18, kendaraan tenaga uap pertama berhasil dibuat olej Nicolas-Joseph Cugnot dan terbilang sukses, dengan mendemonstrasikan kendaraan model roda tiga pada tahun 1769.

Paten mobil pertama di Serikat (AS) diberikan kepada Oliver Evans pada 1789. Pada 1804 Evans mendemonstrasikan mobil pertamanya, yang bukan hanya mobil pertama di AS tetapi juga merupakan kendaraan amfibi pertama. Kendaraan tenaga-uapnya sanggup jalan di darat menggunakan roda dan di menggunakan roda padel.

11.4 Oliver Evans | Buliran.com

Mobil pertama yang menggunakan mesin pembakaran dalam berbahan bakar bensin dibuat hampir bersamaan pada 1886 oleh penemu asal yang bekerja secara terpisah. Yakni Karl Benz pada 3 Juli 1886 di Mannheim, dan serta Wilhelm Maybach di Stuttgart.

11.5 Karl Benz | Buliran.com

Pada 5 November 1895, George B. Selden mematenkan di dua tak. Paten ini ternyata memberi dampak negatif pada perkembangan industri mobil di AS. Terobosan spektakuler juga dilakukan oleh Berta Benz pada 1888. Mesin uap, listrik, dan bensin bersaing dalam beberapa dekade, hingga akhirnya mesin bensin meraih dominasi pada 1910-an.

Baca Juga   Suzuki Ertiga Hybrid & Hyundai Stargazer Sasar Kenyamanan Avanza

11.6 Gottlieb Daimler | Buliran.com

Garis produksi skala besar pembuatan mobil harga terjangkau dilakukan oleh Oldsmobile pada 1902, dan kemudian dikembangkan besar-besaran oleh Henry Ford pada 1910-an. Dalam periode dari 1900 ke pertengahan 1920-an otomotif sangat cepat, disebabkan pembuatan atau produksi besar-besaran untuk bersaing dan meraih perhatian dunia.

11.8 George B. Selden | Buliran.com

Perkembangan ini termasuk termasuk sistem elektronik dan self-starter elektronik, keduanya ditemukan oleh Charles Kettering, untuk Perusahaan mobil Cadillac pada tahun 1910-1911. Selain itu ada juga suspensi independen, dan sistem rem pada empat ban.

11.7 Wilhelm Maybach | Buliran.com

Pada 1927 Ford Model T diklaim sebagai mobil pertama yang harganya terjangkau konsumen. Pada tahun 1930-an, teknologi otomotif sudah banyak diciptakan, misalnya, sistem penggerak roda depan yang diciptakan kembali oleh Andre Citroën dalam peluncuran Traction Avant pada 1934. ***