Pantollo Pamarrasan, Rawon Enak Tana Toraja

Avatar Of Teddy Chaniago
18.2 Rawon | Buliran.com

KULINER Nusantara dengan beragam keunikan dan cita rasanya selalu menarik untuk dibahas. Setiap daerah di Indonesia selalu punya makanan khasnya masing-masing. Tetapi sebenarnya ada beberapa makanan yang hampir sama dalam pemakaian bumbunya, hanya berbeda dalam penamaannya, sesuai bahasa daerah masing-masing.

18. Rawon | Buliran.com

Seperti pantollo pamarrasan, makanan khas Tana Toraja, Sulawesi Selatan. Makanan ini diolah dengan bumbu utama pamarrasan atau kalau di Pulau Jawa dikenal dengan kluwek hitam. Khususnya di Jawa Timur, masakan yang menggunakan bumbu utama kluwek biasa disebut rawon.

Seperti halnya rawon, pantollo pamarrasan menggunakan bahan dasar daging sapi atau kerbau. Tetapi ada sebagian masyarakat Toraja memakai bahan lain seperti ikan, belut atau daging babi.

18.1 Rawon | Buliran.com

Patollo pamarrasan memiliki rasa yang mirip rawon, gurih dengan aroma kluwek yang kental. Tambah nikmat kalau ditambahkan cabe kottokon, khas Toraja akan semakin menggugah selera.

18.1 Rawon 1 | Buliran.com

Saat ini, banyak produsen yang memproduksi bumbu pamarasan khas Toraja dan dijual di beberapa di jual secara online. Jadi kalau penasaran dan ingin mencoba kelezatan pantollo pamarrasan bisa membeli bumbunya secara online dan memasak sendiri di rumah. Mau memakai daging, belut atau ikan sebagai bahan utamanya, tergantung selera masing-masing. ***

Baca Juga   Beda Soto, Sroto, Coto, Sauto dan Tauto