Pager, Si Pengirim Pesan Paling Oke yang “Ditendang” WhatsApp

Avatar Of Teddy Chaniago
9.4 Pager | Buliran.com

ZAMAN sekarang, komunikasi terbilang sangat mudah dan lebih cepat. Apalagi dengan adanya aplikasi WhatsApp yang membuat pengguna lebih dipermudah dan cepat dalam menyampaikan informasi baik secara singkat maupun padat.

Namun, tahukah kamu, dulu ada alat mengirim pesan teks sebelum adanya SMS apalagi WhatsApp. Ya, zaman dulu, pager adalah alat komunikasi untuk menyampaikan pesan berupa teks secara singkat. Seperti apa sih bentuknya?

Sejarah Pager

Dilansir dari berbagai sumber, ada beberapa versi bagaimana pager muncul. Ada yang menyebutkan bahwa pager muncul pada tahun 1949. Saat itu, radio telekomunikasi dua arah seperti walkie talkie atau telepon diadopsi menjadi alat komunikasi satu arah atau one-way cordless remote telephonic signaling.

13.3 Pager | Buliran.com

Saat itu, penemuan ini banyak digunakan di dunia kedokteran. Pager digunakan para dokter yang sedang bertugas dalam kondisi genting.

Tiga Sistem Pager

Pager memiliki tiga sistem komunikasi. Yang pertama adalah radio panggil numerik. Di dalamnya hanya tersedia urutan angka serta kode untuk memanggil. Tipe ini adalah tipe yang paling sederhana.

Kedua adalah radio panggil Alfanumerik. Hampir mirip dengan tipe pertama, hanya saja Alfanumerik ini punya kelebihan. Kelebihannya adalah tersedianya tempat untuk membuat tulisan serta e-mail untuk mengirimkan pesan.

13.2 Pager | Buliran.com

Yang ketiga adalah radio panggil Alfanumerik dua arah. Tipe yang ketiga ini memungkinkan kamu mengirimkan pesan teks.

Baca Juga   Cara Mentransfer Data Dari Ponsel Lama Anda ke iPhone 13