Deretan Mobil Mobil Era 30-an hingga 50-an yang Tetap Diproduksi Hingga Kini

  • Share

SAAT ini sudah banyak mobil model terbaru yang diluncurkan produsen otomotif. Namun terkadang mobil-mobil tersebut gagal bersinar. Sepi peminat membuat barisan mobil tersebut tidak diproduksi lagi.

Namun siapa sangka, ada sederet mobil era 1930-an hingga 1950-an yang tetap eksis sampai sekarang. Sejak pertama kali diluncurkan pada era-era tersebut, 5 mobil ini tetap diminati konsumen dan terus diproduksi hingga kini.

Mobil apa saja itu? Melansir Caradvice, berikut ini 5 mobil era 30-an hingga 50-an yang tetap diproduksi sampai saat ini.

1. Chevrolet Suburban – 1935

Chevrolet Suburban yang pertama kali dihadirkan pada 1935 silam. Mobil ini pada awalnya adalah kendaraan wagon dua pintu yang dibangun dari basis truk seberat setengah ton milik GM. Dengan dimensi besar, mobil ini mampu membawa 8 penumpang sekaligus.

Sejak pertama kali diluncurkan hingga generasi keenam, Chevrolet Suburban tetap menjadi wagon dua pintu. Namun untuk generasi ketujuh yang meluncur tahun 1973, mobil ini berubah menjadi empat pintu.

Saat ini Chevrolet Suburban tetap diproduksi dan menjadi salah satu kendaraan penumpang terbesar di dunia yang mampu mengangkut sembilan penumpang sekaligus.

2. Ford F-Series – 1940

Ford memunculkan F-series truk pada tahun 1940-an. Di waktu itu mobil ini dikenal sebagai Ford Bonus-Built, F-1 (setengah ton), F-2 (tiga perempat ton), dan F-3 (satu ton).

Saat generasi kedua meluncur pada tahun 1952, mobil ini lebih dikenal dengan F-100, F-250, dan F-350. Penamaan ini masih terus dipakai hingga sekarang.

Perlu diketahui Ford F-Series kini telah hadir dengan 13 generasi dan akan menjadi 14 generasi para 2021. Yup, mobil ini segera mendapatkan generasi terbaru di Amerika Serikat.

Baca Juga   Boyong SUV Tiggo, Chery Kembali 'Mengadu Nasib' di Indonesia

3. Volkswagen Transporter – 1950

Volkswagen Transporter bermula dari ide sketsa pria asal Belanda bernama Ben Pon pada tahun 1947. Siapa sangka, konsep desain mobil van-nya itu sukses besar di pasaran. Telah berkiprah selama 70 tahun dari enam generasi yang telah diluncurkan.

Selama 70 tahun mengaspal, VW Transporter telah terjual lebih dari 13 juta unit. Data ini membuat mobil tersebut sebagai van terlaris di dunia.

4. Toyota Land Cruiser – 1951

Toyota Land Cruiser pertama kali hadir di era 1950-an. Di awal kemunculannya, mobil ini dipakai dalam perang Korea.

Pada waktu itu Toyota ditugaskan untuk memasok kendaraan menggunakan mesin enam silinder segaris tipe B 3.4 liter yang digabungkan dengan bodi mirip Jeep Willys.

Namun ketika tim hukum Willys mengklaim bahwa Toyota telah melanggar merek dagang mereka, pabrikan mobil asal Jepang itu segera bertindak cepat dengan mengubah nama. Dan kemudian lahirlah Toyota Land Cruiser yang hingga kini tetap eksis di pasar global.

5. Chevrolet Corvette – 1953

Terakhir adalah Chevrolet Corvette yang memulai debutnya pada tahun 1953. Kendaraan yang dijuluki ‘Mobil Sport Amerika’ itu awalnya merupakan model convertible. Sejak pertama kali diluncurkan mobil ini sukses besar dari sisi penjualan.

Di generasi kedua pada tahun 1963 mobil ini didesain dengan gaya bodi coupe dan dijuluki ‘Sting Ray’. Bahasa desain tersebut terus dipertahankan hingga generasi-generasi berikutnya.

Di generasi kedelapan, Chevrolet membuat terobosan baru pada Corvette pada 2020, yakni tidak lagi meletakkan mesin mobil di bagian depan, melainkan di tengah bodi. ***

 

  • Share