Rekomendasi HP Night Mode Terbaik di 2021

  • Share

SAAT ini banyak orang yang mencari smartphone dengan kemampuan kamera yang mumpuni, baik untuk penggunaan di siang hari maupun malam hari. Seiring populernya kegiatan fotografi menggunakan smartphone, muncul banyak tren yang berhubungan dengan hal tersebut, salah satunya adalah night mode atau mode malam.

Tidak semua smartphone memiliki kemampuan mode pemotretan malam yang bagus. Biasanya fitur tersebut hanya dimiliki oleh smartphone dengan pengaturan kamera yang unggul. Dengan semua fitur pendukung yang dimilikinya, smartphone tersebut mampu menghasilkan bidikan yang sangat luar biasa pada kondisi cahaya redup seperti di malam hari.

Istilah mode malam sebenarnya cukup rumit untuk dipahami karena hal tersebut berkaitan dengan banyak hal yang berbeda. Namun, pada dasarnya mode malam menggunakan kecerdasan buatan (AI) dan mempertimbangan banyak faktor untuk bisa bekerja, termasuk cahaya, gerakan ponsel, pergerakan objek yang ditangkap.

Beberapa smartphone dengan kemampuan mode malam yang bagus. Bahasan ini bisa menjadi referensi bagi kamu yang tertarik membeli smartphone dengan kamampuan hebat tersebut (daftar ini diurutkan dan berdasarkan skor uji dan bahasan kamera DxOMark).

1. Huawei Mate 40 Pro+

Kualitas jepretan kamera Huawei Mate 40 Pro+ tak perlu diragukan lagi. Pasalnya, ponsel ini adalah rajanya dengan skor 139 berdasarkan uji yang dilakukan DxoMark. Tak ada yang bisa dikomplain dari hasil jepretannya pada siang hari.

Detail yang dihasilkan keren karena adanya OIS di lensa utama dan dua lensa telefoto. Target eksposur dan white balance selalu akurat di setiap kondisi. Dynamic range-nya juga bagus karena kamera ponsel ini mampu menyeimbangkan kontras dengan baik, tak peduli kondisi siang atau malam.

Hasil foto malam harinya luar biasa. Tanpa lampu flash sekalipun, tekstur dan noise tetap bisa dijaga, dynamic range pun tetap lebar. Sedangkan menyalakan lampu flash akan membantu meningkatkan eksposur target pada objek, sehingga bayangan dan sorotan di latar belakang tetap tampil oke.

Karena itulah DxOMark memberi ponsel ini skor 82 khusus untuk mode malam. Keandalan Mate 40 Pro+ andal dalam mengambil gambar pada malam hari bisa jadi karena sensor 50 MP kamera utamanya terbilang besar, yakni 1/1,28 inci. Makin besar sensor, makin sensitif dengan paparan cahaya.

Selain itu, ponsel ini memakai filter RYYB (Red Yellow Yellow Blue). Tidak seperti ponsel pada umumnya yang menggunakan filter bayer berbasis RGGB (Red Green Green Blue). Menurut Enche Tjin dalam detikinet, warna kuning dalam sensor RYYB lebih unggul ketimbang hijau (RGGB). Sebab, kuning lebih mampu menyerap cahaya di kondisi gelap.

Spesifikasi :

  • Rilis: November 2020
  • Layar: OLED 6,76 inci 1344 x 2772 piksel
  • Chipset: Kirin 9000 5G (5 nm)
  • GPU: Mali-G78 MP24
  • RAM: 12 GB
  • Memori Internal: 256GB
  • Memori Eksternal: Memori Nano hingga 256 GB (slot hybrid)
  • Kamera Belakang: 50 MP + 12 MP + 20 MP + TOF 3D
  • Kamera Depan: 13 MP + TOF 3D
  • Baterai: Li-Po 4400 mAh

2. Xiaomi Mi 11 Ultra

Tidak hanya kemampuan fotografi malam harinya saja yang membuat Xiaomi Mi 11 Ultra begitu diinginkan. Melainkan, ponsel flagship ini memang punya kamera dengan hasil foto terbaik secara keseluruhan.

Bahkan tidak seperti HP lainnya, varian Mi 11 Ultra ini punya layar kecil di modul kamera belakang. Layar kecil ini diambil dari layar yang berada pada Xiaomi Mi Band 5, punya ukuran 1,1 inci pada tipe layar AMOLED.

Resolusinya adalah 126 x 294 piksel, dan berfungsi sebagai penunjuk waktu dan untuk menampilakn preview saat selfie pakai kamera belakang. Nah, soal kemampuan fotografinya, ponsel ini memang hanya mengemas Triple Camera saja.

Tapi jangan salah, ketiganya ini punya kualitas yang bahkan lebih bagus dibanding flagship lain yang pakai Quad Camera. Pada lensa kamera utama Anda kedapatan resolusi 50 MP, lalu lensa kedua 48 MP yang mengusung fungsi telefoto, juga lensa ketiga yang pakai resolusi 48 MP untuk fungsi ultralebar.

Kamera bisa melakukan zoom optik sebanyak 5x. Namun yang mencengangkannya, zoom total yang bisa dilakukan sejumlah 120 kali. Sedangkan jika pengguna berusaha mengambil foto pada malam hari, hasil yang diterima adalah foto dengan target exposure yang baik serta detil yang begitu memukau.

Baca Juga   Redmi Note 10 5G, Bocoran Harga dan Spesifikasi

Hal serupa diungkapkan oleh DxOMark di mana perangkat dianggap mampu memberikan exposure lebih pada wajah saat malam hari, bahkan lebih baik dibandingkan Samsung Galaxy S21 Ultra 5G.

Kendati begitu, kemampuan fotografi malam harinya memang tidak sebaik Huawei Mate 40 Pro+. Skor DxOMark yang diberikan pada kemampuan fotografi malam ponsel ini adalah 77.

Spesifikasi :

  • Layar AMOLED 6.81 inci
  • Chipset Qualcomm Snapdragon 888 5G
  • RAM 12 GB
  • Memori Internal 256 GB
  • Kamera 50 MP (wide) 48 MP (periscope telephoto) 48 MP (ultrawide)
  • Baterai Li-Po 5000 mAh
  • Harga Saat Rilis Rp 16.999.000

3. Huawei P50 Pro

Huawei P50 Pro muncul sebagai salah satu ponsel dengan kemampuan kamera yang mengesankan di berbagai kondisi. Tak terkecuali mengambil foto pada kondisi malam hari. Kinerja fotografi malam hari HP ini mendapat nilai 72 dari DxOMark.

Menurut DxOMark, eksposur dan rentang dinamis yang diihasilkan kamera Huawei P50 Pro bagus. Hasil yang bagus tampak kendati lampu flash tidak diaktifkan. Eksposur alias paparan cahaya yang proporsional tidak hanya terjadi saat memotret wajah manusia. Namun, latar belakang yang menyertai subjek juga memiliki eksposur yang bagus.

Kemampuan nightmode yang bagus dari HP ini disumbang oleh keberadaan OIS, bukaan diafragma yang besar, ISP dalam SoC Kirin 9000, dan sistem optik Leica. Khusus OIS, ia berfungsi meredam getaran yang timbul saat kamera menjepret gambar secara multiframe dalam modus malam.

Memotret satu foto dengan modus malam memang butuh waktu pengambilan yang sedikit lama. Oleh sebab itu, butuh sistem penstabil agar getaran dari tangan tidak membuat jepretan multiframe jadi blur.

Spesifikasi :

  • Layar OLED 6.6 inci
  • Chipset Kirin 9000 atau Snapdragon 888
  • RAM 8 GB, 12 GB
  • Memori Internal 128 GB, 256 GB, 512 GB
  • Kamera 50 MP (wide) 64 MP (periscope telephoto) 13 MP (ultrawide) 40 MP (monochrome)
  • Baterai Li-Po 4360 mAh
  • Harga Saat Rilis Rp –

4. Apple iPhone 13 Pro Max

Apple tetap membenamkan tiga kamera 12 MP pada sektor kamera belakang iPhone 13 Pro Max, sama seperti generasi sebelumnya. Namun, Apple mengklaim bahwa iPhone 13 Pro Max dapat menghasilkan foto yang lebih terang dalam situasi low light, misalnya ketika di dalam ruangan atau pada malam hari.

Hal itu karena bukaan diafragma dan ukuran sensor yang dipakai kini lebih besar pada kamera utama. Sensor yang dipakai pada kamera ultrawide masih sama, tetapi bukaan diafragmanya ikut diperbesar, plus ada fitur autofokus (PDAF). DxoMark pun memberi nilai 72 khusus untuk kemampuan night mode iPhone 13 Pro.

Hal itu merupakan peningkatan besar karena iPhone 12 Pro Max hanya menghasilkan skor 64 pada kategori pengujian yang sama. Saat dipakai untuk menjepret wajah manusia, detail yang dihasilkan mantap, terutama jika lampu flash dinyalakan. Namun, saat lampu flash dimatikan, rentang dinamisnya terbatas.

Spesifikasi :

  • Layar Super Retina XDR OLED 6.7 inci
  • Chipset Apple A15 Bionic
  • RAM 6 GB
  • Memori Internal 128 GB, 256 GB, 512 GB, 1 TB
  • Kamera 12 MP (wide) 12 MP (telephoto) 12 MP (ultrawide)
  • Baterai Li-Ion 4373 mAh
  • Harga Saat Rilis Rp 19.999.000

5. Apple iPhone 13 Pro

iPhone 13 Pro kini dirancang memiliki kamera yang setara dengan iPhone 13 Pro Max. Karena itu, tak ada lagi perbedaan kemampuan seperti pada generasi sebelumnya. Hal ini tentu saja membuat kinerja fotografi malam hari HP ini jadi meningkat drastis ketimbang iPhone 12 Pro.

Kamera iPhone 13 Pro mendapatkan skor 72 dari DxOMark pada kategori ini, sama seperti iPhone 13 Pro Max. Skor tersebut naik 13 poin dari iPhone 12 Pro (59). Peningkatan ini disumbang oleh penggunaan sensor dan aperture yang lebih besar pada kamera utama, aperture lebih besar pada kamera ultrawide, dan sensor-shift OIS.

Baca Juga   Jangan Abai, Smartphone Anda Bisa Meledak

Dalam skenario pengujian ala DxOMark, iPhone 13 Pro dapat menghasilkan gambar dengan detail jelas ketika menjepret wajah manusia. Lampu flash aktif dalam skenario tersebut. Namun, saat dipakai untuk memfoto taman tanpa lampu flash, kamera mengalami highlight clipping.

Artinya, ada cahaya yang berlebihan pada objek terang, sedangkan latar belakangnya malah kurang terang. Alhasil, rentang dinamisnya masih terbatas.

Spesifikasi :

  • Layar Super Retina XDR OLED 6.1 inci
  • Chipset Apple A15 Bionic
  • RAM 6 GB
  • Memori Internal 128 GB, 256 GB, 512 GB, 1 TB
  • Kamera 12 MP (wide) 12 MP (telephoto) 12 MP (ultrawide)
  • Baterai Li-Ion 3125 mAh
  • Harga Saat Rilis Rp 18.499.000

6. Xiaomi Mi 10 Ultra

Ini adalah ponsel varian tertinggi dari lini seri Xiaomi Mi 10. Versi Ultra ini sungguh menghadirkan beragam inovasi dan teknologi tercanggih, baik itu dari segi performa, fitur pengisian daya cepat 120 W, maupun kameranya.

Bagaimana tidak? Perangkat ini berhasil memasuki peringkat pertama pada keunggulan kamera saat ponsel ini baru dirilis, meraih skor total sebesar 133 poin pada situs DxOMark. Dari segi pemotretan foto, perangkat flagship ini mendapatkan skor 142 yang pada saat itu merupakan rekor baru di sepanjang sejarah HP flagship.

Yang menjadi “mojo” dalam kinerja kameranya adalah pemotretan jarak jauh, karena tersemat dua lensa telefoto untuk melakukan zoom hingga sebanyak 120 kali. Tapi, selain pemotretan jarak jauh, Xiaomi Mi 10 Ultra juga tergolong yang terbaik untuk pemotretan malam hari, dengan skor 72.

Pasalnya, seperti yang diulas pada situs DxOMark, kamera memiliki fitur autoflash di mana lampu flash hanya akan menyala di malam hari saat melakukan potret wajah. Hasilnya, subjek foto bisa mendapatkan exposure yang baik serta ketajaman yang lebih unggul ketimbang HP lain.

Begitu pun saat flash dimatikan, Mi 10 Ultra tetap sanggup menjaga exposure para target walau tetap menghadirkan level ketajaman detail yang berkualitas tinggi. Hal ini berbeda dengan OPPO Find X2 Pro yang malah sama sekali tidak mampu mengangkat exposure dengan baik, ataupun Huawei P40 Pro yang level ketajamannya masih tidak sebagus Mi 10 Ultra.

Spesifikasi :

  • Layar: OLED, 6.67 inches
  • Chipset: Qualcomm SM8250 Snapdragon 865 (7 nm+)
  • GPU: Adreno 650
  • RAM: 8 GB, 12 GB, 16 GB
  • Memori Internal: 128 GB, 256 GB, 512 GB
  • Memori Eksternal: –
  • Kamera Belakang: Quad 48 MP + 48 MP + 12 MP + 20 MP
  • Kamera Depan: 20 MP
  • Baterai: Li-Ion 4500 mAh

7. Huawei P40 Pro

Sebagai salah satu top performer secara keseluruhan dalam uji lab kamera DxOMark, maka bisa dipastikan kalau Huawei P40 Pro juga menawarkan performa yang bagus untuk mode malamnya. Dengan skor 72, kemampuan mode malam HP ini bisa dibilang setara dengan Mi 10 Ultra.

DxOMark mengungkapkan kalau mode malam P40 Pro mampu mencapai eksposur yang jauh lebih baik daripada perangkat pesaing, bersama dengan warna yang layak, tetapi masih memiliki beberapa ruang untuk perbaikan dalam hal tekstur dan noise.

Lebih lanjut dijelaskan kalau P40 Pro juga melakukan pekerjaan yang sangat baik ketika lampu kilat dihidupkan. Gambar menunjukkan keseimbangan tekstur / noise yang sangat baik, pencahayaan yang baik, dan keseimbangan putih yang akurat.

Spesifikasi :

  • Rilis: April 2020
  • Layar: OLED 6,58 inci, 1200 x 2640 pixels
  • Chipset: HiSilicon Kirin 990 5G (7 nm+)
  • GPU: Mali-G76 MP16
  • RAM: 8 GB
  • Memori Internal: 128 GB, 256 GB, 512 GB
  • Memori Eksternal: Hingga 256 GB
  • Kamera Belakang: 50 MP + 12 MP + 40 MP + Kamera TOF 3D
  • Kamera Depan: 32 MP + IR TOF 3D
  • Baterai: Li-Po 4200 mAh

8. ASUS Smartphone for Snapdragon Insiders

ASUS Smartphone for Snapdragon Insider memang tidak menggandeng pihak mana pun untuk merancang kamera yang bagus. Tidak seperti jenama lain yang meminta bantuan produsen lensa seperti Zeiss, Leica, ataupun Hasselblad. Kendati demikian, ASUS percaya diri dengan hanya mengandalkan sensor kamera dari Sony dan sistem pemrosesan gambar dari SoC Snapdragon 888 milik Qualcomm.

Baca Juga   Hujan Pengaruhi Sinyal Smartphone Anda? Begini Mengatasinya

Sensor kamera utama 64 MP-nya menggunakan Sony IMX686 dengan ukuran 1/1,73 inci, sedangkan sensor kamera ultrawide 12 MP-nya memakai Sony IMX363 berukuran 1/2,55 inci. Keduanya dibekali autofokus (PDAF), tetapi hanya kamera utama yang punya OIS. Adapun kamera telefoto 8 MP HP ini punya fitur autofokus dan OIS.

DxOMark mengakui kehebatan kamera HP ponsel ini secara keseluruhan, termasuk saat dipakai pada malam hari. Skor fotografi malam harinya adalah 71. Skor tersebut masuk kategori hebat mengingat ukuran sensor yang disematkan tidak terlalu besar dibandingkan dengan para pesaingnya.

Kamera ini disebut mampu menghasilkan foto dengan rentang dinamis dan eksposur yang hebat kendati lampu flash tidak diaktifkan. Dua elemen itu keren karena warna dan cahaya pada subjek serta latar belakangnya terlihat natural.

Spesifikasi :

  • Layar Super AMOLED 6.78 inci
  • Chipset Qualcomm Snapdragon 888
  • RAM 16 GB
  • Memori Internal 512 GB
  • Kamera 64 MP (wide) 8 MP (telephoto) 12 MP (ultrawide)
  • Baterai Li-Po 4000 mAh
  • Harga Saat Rilis Rp –

9. vivo X50 Pro+

Sejauh ini vivo X50 Pro+ menjadi HP dengan kamera terbaik dari brand vivo. Ini adalah hasil dari pengaturan kamera belakangnya yang hebat. Skor DxOMark HP ini adalah 127 poin, terdiri dari 139 poin foto dan 104 poin video. Sementara itu, skor mode malam HP ini mencapai angka 70.

DxOMark mengatakan kalau vivo X50 Pro+ berhasil dengan baik dalam pengujian kami untuk kinerja malam hari, hanya unggul dua poin dari perangkat dengan skor tertinggi saat ini, Xiaomi Mi 10 Ultra. Eksposur malam dan cahaya redup akurat, dan dengan warna yang menyenangkan serta white balance yang akurat.

Dalam mode flash-auto, DxOMark lebih lanjut menerangkan kalau vivo X50 Pro+ menembakkan lampu kilatnya dengan tepat untuk pemandangan di bawah, menerangi subjek dengan baik dan memberikan warna yang akurat sambil membiarkan latar belakang yang cukup menyala untuk memberikan pemandangan yang alami.

Spesifikasi :

  • Rilis: Juli 2020
  • Layar: AMOLED 6,56 inci
  • Chipset: Snapdragon 865
  • GPU: Adreno 650
  • RAM: 8 GB, 12 GB
  • Memori Internal: 128 GB, 256 GB
  • Memori Eksternal: –
  • Kamera Belakang: 50 MP + 13 MP + 32 MP + 13 MP
  • Kamera Depan: 32 MP
  • Baterai: Li-Po 4350 mAh

10. Huawei Mate 40 Pro

Spesifikasi HP ini sudah dapat dilihat di situs resmi Huawei Indonesia. Ini artinya Anda bisa membeli Huawei Mate 40 Pro secara resmi untuk satu varian memori dan warna saja, yaitu RAM 8 GB dan storage 256 GB dengan warna Mystic Silver. Harganya sendiri ada di angka Rp15 jutaan atau kurang.

HP ini dibekali dengan pengaturan tiga kamera belakang, salah satunya berupa lensa periskop telefoto dengan zoom optik 5x. Sejauh ini, kemampuan kamera belakang Huawei Mate 40 Pro adalah salah satu yang terhebat dalam daftar uji DxOMark. Skor yang diraihnya adalah 136, tiga poin lebih tinggi dari Mi 10 Ultra. Akan tetapi, raihan mode malamnya 69 poin, 3 poin di bawah Mi 10 Ultra.

DxOMark mengungkapkan kalau Mate 40 Pro adalah perangkat yang sangat mumpuni untuk pemotretan malam hari, dengan eksposur yang baik dan jangkauan dinamis yang luas. Dalam perbandingan ini, eksposurnya sedikit lebih gelap daripada Mi 10 Ultra, tetapi mempertahankan detail sorotan yang jauh lebih baik di area terang bingkai, membuat bidikan yang secara keseluruhan lebih baik.

Spesifikasi :

  • Rilis: November 2020
  • Layar: OLED 6,76 inci
  • Chipset: Kirin 9000 5G
  • GPU: Mali-G78 MP24
  • RAM: 8 GB
  • Memori Internal: 256/512 GB
  • Memori Eksternal: Memori Nano hingga 256 GB
  • Kamera Belakang: 50 MP + 12 MP + 20 MP
  • Kamera Depan: 13 MP + TOF 3D
  • Baterai: Li-Po 4400 mAh

Nah, itulah beberapa HP dengan night mode terbaik versi DxOMark. Jika kamu ingin mendapatkan fitur kamera yang keren ini, kamu harus menyiapkan banyak uang karena semua produk flagship di atas dibanderol dengan harga yang cukup mahal. ***

  • Share