SPN Polda Banten Jadi Role Model Sekolah Kepolisian di Indonesia

  • Share

BuliranNews, SERANG – Prestasi membanggakan dicatat oleh Sekolah Polisi Negara (SPN) Mandalawangi Polda Banten. Di usianya yang masih relatif muda, SPN <amdalawangi dengan segenap terobosan yang telah dilakukan, dijadikan role model sekolah kepolisian di Indonesia.

Selain SPN Polda Banten, Lemdilkat Polri dalam survey terkait indikator dan kriteria yang telah ditentukan, juga menempatkan SPN Polda Bali dan SPN Polda Riau dalam posisi yang sama.

Kepala SPN Polda Banten, Kombes Pol Noffan Widyayoko menyebutkan, penunjukan SPN Polda Banten sebagai role model atau pilot project ini bedasarkan surat telegram Kepala Lembaga Pendidikan dan Latihan (Kalemdiklat) Polri nomor: ST/334/X/KEP./2021.

“Untuk menjadi role mode atau pilot project transpormasi Polri di era revolusi industri 4.0 menuju masyarakat 5.0 harus memenuhi kriteria standar kampus ideal, keunggulan kampus (achievement) kreativitas dan inovasi,” jelasnya,

Noffan merinci, kriteria standar kampus yang ideal meliputi standar kampus sehat, kampus aman, kampus sebagai keunggulan, kampus favorit dan prestasi, serta standar kampus dengan kurikulum kekinian. Untuk kampus unggul (achievement) meliputi tenaga pendidik (Gadik), sertifikasi pendidik (Serdik), Institusi kampus, pembinaan personel, operasional pendidikan, pelatihan olahraga, Seni, dan Budaya.

Selanjutnya untuk kreativitas dan inovasi meliputi kreativitas, inovasi, pemberdayaan SDM, company profile kampus, dan pembinaan potensi masyarakat yang meliputi ekonomi, pendidikan, pelatihan, sosial budaya dan agama.

Noffan mengatakan, transformasi pendidikan Polri menjadi keharusan dalam rangka revolusi SDM yang unggul, kreatif dan inovatif, sebab hal ini merupakan alat dan kekuatan utama Polri.  Untuk itu, kampus harus menjadi pusat keunggulan dan pusat kebanggaan (centre of excellence) dalam mempersiapkan SDM yang unggul, baik sebagai alat kekuatan utama maupun human capital hari ini, esok dan di masa mendatang. (rel)

  • Share