Semua Kelurahan di Kecamatan Cipayung Kota Depok Sudah Layak Anak

20. mulyadi | Buliran.com

, DEPOK, , Jawa Barat, memastikan bahwa semua kelurahan yang ada di wilayah sudah layak anak. Ini menunjukkan kalau hak anak telah terpenuhi secara aturan dan ketentuan yang berlaku.

“Alhamdulillah, di Kecamatan Cipayung tak ada kelurahan yang tak layak anak. Begitu pun hal nya dengan dan RT. Ini tentunya sebuah hal yang menggembirakan, karena Kecamatan Cipayung dan kelurahannya telah mampu memberikan hak anak secara penuh,” ucapnya.

Secara panjang lebar, Hasan Nurdin menjelaskan, adalah kecamatan yang mampu merencanakan, menetapkan serta menjalankan seluruh program pembangunannya dengan berorientasi pada hak dan kewajiban anak.

23. hasan | Buliran.com

Hal ini dimaksudkan agar anak dapat tumbuh dan berkembang dengan baik. Kriteria anak di sini adalah semua warga negara sejak ia berada di dalam kandungan hingga usia 18 tahun. Kesemuanya sangat penting direncanakan, mengingat belum ada kota di Indonesia yang sudah mencerminkan konsep “Kecamatan Layak Anak”.

Hasan Nurdin juga menyebutkan, karena telah menjadi kecamatan layak anak, maka di Kecamatan Cipayung
Penguatan kelembagaan dan 6 kluster hak anak pun telah ada secara merata. Baik itu ketersediaan kegiatan tersebut secara terlembaga maupun adanya peraturan/kebijakan daerah tentang Kabupaten/Kota Layak Anak.

“Keterlibatan lembaga masyarakat, dunia usaha, dan media massa dalam Pemenuhan Hak dan Perlindungan Khusus Anak pun telah dilaksanakan semaksimal mungkin,” ucapnya.

Dia juga menyebutkan bahwa Hak sipil dan kebebasan sebagai bagian dari hak anak juga telah diberikan secara penuh, persentase anak yang diregistrasi dan mendapatkan kutipan akta kelahiran pun sangat tinggi dan di semua wilayah juga telah tersedia Fasilitas Informasi Layak Anak (ILA).

Baca Juga   Mujahidin : Staf Kelurahan akan Kenakan Batik Jatijajar Setiap Jumat

Terkait Hak Perlindungan khusus terhadap anak, Hasan Nurdin juga menjelaskan kalau semuanya juga ada di kecamatan Cipayung, mulai dari perlindungan terhadap anak korban kekerasan dan penelantaran, anak korban pornografi, NAPZA dan terinfeksi HIV/AIDS, anak korban dan konflik, anak penyandang , kelompok minoritas dan terisolasi dan lain sebagainya. (ted)