9 Kota terluas di Indonesia

Avatar Of Teddy Chaniago
1. Kota | Buliran.com

NEGARA Indonesia yang terdiri dari 34 provinsi dengan  415 kabupaten, 93 kota plus 5 kota dan 1 kabupaten administrasi, selain memiliki kabupaten dengan wilayah yang sangat luas, ternyata juga terdapat kota dengan wilayah yang juga sangat luas.

Tentu saja makna kota terluas dengan kota terbesar itu berbeda, kota terluas dinilai dari ukuran luas suatu kota, sementara kota terbesar bisa diukur dari jumlah penduduk yang banyak dan padat, lalu banyaknya gedung-gedung tinggi yang berdiri, serta kondisi perekonomian yang tinggi.

1.0 Palang | Buliran.com

Jadi kalau untuk Kota terbesar di Indonesia adalah Jakarta, ternyata untuk kota terluas di Indonesia ternyata bukan Jakarta. Ibukota Negara Indonesia ini hanya berada di urutan ke 9 untuk kota terluas di Indonesia.

Status kota terluas di Indonesia dipegang oleh Kota Palangkaraya, ibukota Provinsi Kalimantan Tengah ini memiliki luas wilayah mencapai 2.687,51 km persegi. Lalu di urutan kedua ada kota Dumai yang berada di Provinsi Riau dengan luas wilayah mencapai 1.772,38 km persegi dan di urutan ketiga ditempati oleh Kota Tidore yang terletak di Provinsi Maluku Utara dengan luas wilayah mencapai 1.645,73 km persegi.

Nah, berikut ini adalah daftar 9 Kota Terluas di Indonesia selengkapnya :

1. Kota Palangkaraya

1.1 Kota Palangkaraya | Buliran.com

Kota Palangkaraya merupakan ibu kota Provinsi Kalimantan Tengah. Kota Isen Mulang ini, memilki luas wilayah 2.399,50 KM2, Jumlah Penduduk : 258.550 Jiwa (sensus 2020). Di kota dengan kepadatan rata-rata 107,77 Jiwa/KM ini terdapat 5 kecamatan dan 30 kelurahan.

Baca Juga   Tahun Ini Kantor Lurah Baru Boponter Dibangun