Sehat & Segar dengan Daun Kelor

  • Share

TAK hanya baik untuk kesehatan tubuh, manfaat daun kelor untuk wajah juga begitu beragam.Berbagai kandungan nutrisi yang ada di dalamnya dipercaya baik untuk mencerahkan kulit wajah dan mencegah penuaan. Selain itu, daun kelor juga memiliki banyak manfaat lain dalam merawat kulit wajah.

Bagi ibu hamil dan menyusui, manfaat daun kelor mungkin sudah tidak asing lagi. Padahal, tanaman ini juga bisa dimanfaatkan untuk menjaga kesehatan kulit wajah. Manfaat daun kelor untuk wajah bisa diperoleh melalui kandungan nutrisi dan beragam zat aktif di dalamnya yang dapat membuat kulit wajah menjadi lebih sehat.

Ada berbagai kandungan zat dan nutrisi di dalam daun kelor yang baik untuk kesehatan dan kecantikan kulit, di antaranya vitamin A, vitamin B, vitamin C, vitamin E, kalsium, magnesium, serta antioksidan seperti flavonoid.

Beragam Manfaat Daun Kelor untuk Wajah

Sebagai salah satu bahan herbal untuk kesehatan dan kecantikan kulit wajah, daun kelor kerap digunakan sebagai masker alami yang terbuat dari bubuk daun kelor atau terkandung di dalam produk perawatan wajah tertentu, mulai dari serum, krim wajah, minyak esensial, hingga essence.

Berikut ini adalah beberapa manfaat daun kelor untuk wajah yang bisa Anda peroleh:

1. Mencegah dan mengurangi munculnya jerawat

Berbagai riset menunjukkan bahwa ekstrak daun kelor mengandung efek antibakteri dan antiradang yang dapat menghambat pertumbuhan bakteri dan mengurangi peradangan di kulit yang menjadi penyebab munculnya jerawat.

Meski begitu, manfaat daun kelor untuk wajah dalam mengatasi jerawat masih perlu diteliti lebih lanjut efektivitas dan keamanannya. Jika Anda memiliki kulit wajah berjerawat dan tidak sembuh dengan penggunaan daun kelor, sebaiknya konsultasikan ke dokter untuk mendapatkan pengobatan yang tepat, ya.

Baca Juga   Tahukah Anda Waktu yang Tepat untuk Vaksinasi Usai Terinfeksi Covid-19, Ini Penjelasannya

2. Mencerahkan kulit wajah

Kandungan vitamin C dalam daun kelor dapat mencerahkan sekaligus meratakan warna kulit. Vitamin tersebut bekerja dengan cara menekan pembentukan melanin yang memberikan warna pada kulit.

Selain mencerahkan kulit wajah, vitamin C pada daun kelor juga berperan penting dalam pembentukan kolagen, yaitu protein yang dibutuhkan kulit untuk menjaga elastisitasnya.

3. Mencegah penuaan

Daun kelor mengandung antioksidan yang tinggi serta vitamin C yang dapat menghasilkan kolagen. Kadar kolagen dan antioksidan yang cukup berperan penting untuk mencegah dan memperlambat penuaan serta mengurangi bintik atau flek hitam dan kerutan di wajah.

4. Menghaluskan dan melembutkan kulit

Vitamin B3 atau niacinamide yang terdapat di dalam daun kelor dipercaya dapat memperbaiki tekstur lapisan kulit terluar atau epidermis, sehingga membuat kulit menjadi lebih halus dan lembut. Selain itu, vitamin ini juga dibutuhkan untuk menjaga kelembapan kulit.

5. Mencegah kerusakan kulit akibat paparan sinar ultraviolet

Daun kelor juga diketahui dapat mencegah kerusakan kulit akibat paparan sinar ultraviolet. Manfaat ini dapat diperoleh berkat kandungan vitamin A, vitamin C, dan vitamin E, serta senyawa antioksidan dan antiradang yang ada di dalamnya.

6. Meregenerasi sel kulit

Tak hanya menjaga kesehatan tulang, kandungan kalsium yang terdapat di dalam daun kelor juga baik untuk kesehatan kulit. Pasalnya, nutrisi satu ini juga dibutuhkan untuk meregenerasi sel kulit wajah, yaitu pembentukan sel baru yang lebih sehat.

Selain digunakan sebagai masker wajah, Anda juga bisa mengolah daun kelor menjadi makanan atau minuman untuk mendapatkan manfaatnya. Misalnya, dengan ditumis, dicampur dengan sup, atau diolah menjadi teh herbal.

Namun, untuk mendapatkan kulit wajah yang sehat, tidak cukup bila Anda hanya mengandalkan daun kelor saja. Anda juga perlu melakukan perawatan kulit wajah dengan mencuci wajah secara rutin 2 kali sehari serta menggunakan pelembap wajah dan produk perawatan kulit wajah lainnya yang sesuai dengan jenis kulit Anda. ***

  • Share