5 Mobil Legendaris ini Menjadi Buruan Kolektor

Avatar Of Teddy Chaniago
11. Max Hoffman Cars | Buliran.com

1. Mercedes-Benz 300 SL Gullwing

Mungkin tak salah kalau menyebut Mercedes-Benz 300 SL sebagai dewa dari jajaran ikon berlambang Three Pointed Star. Barang langka, hanya sekitar 1.400 unit diproduksi dari pabrik Sindelfingen, Jerman. Terkenal eksotis dengan bukaan pintu bak burung camar yang mengepakkan sayap, “Gullwing” pun jadi panggilan sayang. Rangka tubular nan ringan berikut didukung mesin performa tinggi juga cukup pantas membuatnya disebut sebagai supercar pertama bila mengingat lahir di era 1950-an. Fakta menarik, ia terlahir dari mobil balap.

11.1 Mercedes Benz 300 Sl Gullwing | Buliran.com

Ya, cerita Gullwing bermula dari pengembangan mobil balap 300 SL W194. Dibuat khusus pada 1952 yang kemudian merajai berbagai sirkuit dari Le Mans, Bern, dan Nürburgring. Tak terkecuali pertarungan daya tahan Carrera Panamericana di Meksiko 1952. Basis atlet ini dijadikan sebagai dasar untuk membuat versi jalan raya sehingga lahir 300 SL “Gullwing” W198.

Nah, tanpa Max Hoffman mungkin jalan sejarah pabrikan akan benar-benar berbeda. Diakui langsung oleh Daimler bahwa proyek pengembangan didasari permintaan Hoffman sebagai importir Mercedes-Benz di Amerika Serikat. Terbayang betapa kuat posisi pria Austria itu di mata pabrikan sekelas Mercedes-Benz. Proyek ini sendiri dimulai September 1953. Hanya butuh setahun setengah bagi para teknisi untuk menciptakan desain baru dari W194. Terbukti sudah dipamerkan perdana pada New York Motor Show 1954.

Baca Juga   Kapan Sebaiknya Rantai Motor Diganti? Ini Tandanya