5 Kabupaten Terluas di Indonesia

  • Share
Indonesia Globe 3D Render of the Planet Earth, Depth of field effect. Made with Natural Earth. URL of source data: http://www.naturalearthdata.com The source data is in the public domain.

NEGARA INDONESIA adalah salah satu negara yang memiliki banyak wilayah, dari Sabang sampai Merauke ada ratusan Kabupaten atau kota. Luas wilayah yang ada di Kabupaten atau Kota tersebut tentu saja berbeda-beda. Oleh karenannya dalam tulisan ini hanya akan mengulas mengenai kabupaten terluas di Indonesia.

Kabupaten yang memiliki wilayah begitu luas disini tentusaja bukan berdasarkan pada kesejahteraan, ekonomi, atau pembangunannya. Akan tetapi di dasarkan pada luas wilayahnya yang membentang di daerah-daerah tersebut. Ada banyak Kabupaten yang luas di Indonesia, mulai dari Pulau Sumatra, Jawa, Kalimantan, Sulawesi, dan Papua.

Berikut 5 kabupaten terluas di nusantara :

1. Kabupaten Merauke

Merauke sampai saat ini menjadi wilayah Indonesia yang letaknya paling timur.Wilayah Merauke ini memiliki luas 45.000 Kilo Meter. Dataran yang ada di Kabupaten Merauke ini banyak pihak mengatakan sama dengan 70 kali wilayah Negara Singapura.

Meskipun begitu untuk biaya hidup di Kabupaten Merauke lumayan cukup mahal dibadingkan dengan wilayah Indonesia, misalnya Daerah Jawa dan Sumatra. Tetapi untuk biaya hidup di ruang lingkup Pulau Papua di wilayah inillah biaya hidupnya paling murah.

Kebupaten Merauke ada di bagian paling timur Indonesia dan merupakan tapal batas negara di belahan timur pula. Pusat pemerintahan Kabupaten Merauke ada di Merauke, Luas Wilayah 44.071.00 KM2, Jumlah Penduduk : 230.932 Jiwa, Jumlah Kecamatan : 20, Jumlah Kelurahan/Kampung : 11/179.

2. Kabupaten Asmat

Kabupaten terluas di Indonesia yang menduduki peringkat kedua adalah Kabupaten Asmat di Papua. Wilayah asmat ini sendiri jika diandaikan Pulau Jawa maka hanya akan terdiria dari 4 Kabupaten, adapaun tanah yang ada di Kabupaten Asmat iayalah tanah berlumpur dengan tingkat kesuburan yang tinggi.

Baca Juga   Guys, Ini Lho Deretan Kabupaten Terluas di Indonesia

Kabupaten Asmat berada di Provinsi Papua. Pusat pemerintahan di Agats, Luas wilayah 31.983 KM2, Jumlah Penduduk : 110.105 Jiwa, Jumlah Kecamatan : 19, Jumlah Kampung : 221.

3. Kabupaten Ketapang

Wilayah yang memiliki luas ke-3 di Indonesia untuk tingkatan Kabupaten adalah Kabupaten Ketapang dengan luas wilayahnya mencapai 31,240 Kilo meter. Letak Kabupaten ini berada di Kalbar (Kalimantan Barat), Pulau Kalimantan. Perbandingan yang di daptkan luas wilayah yang dimiliki oleh Kabupaten Ketapang lebih luas daripada Provinsi NTB (Nusa Tenggara Barat).

Kabupaten Ketapang berada di Provinsi Kalimantan Barat, Pusat Pemerintahan di Ketapang, Luas Wilayah 31.240,74 KM2, Jumlah Penduduk : 578.533 Jiwa, Jumlah Kecamatan : 20, Jumlah Kelurahan/Desa : 9/253

4. Kabupaten Kutai Timur

Wilayah yang memiliki luas tertinggi di Indonesia dengan posisi 4 adalah Kabupaten Kutai Timur yag berada di Provinsi Kalimantan Timur. Luas wilayah yang dimiliki oleh Kutai Timur ini adalah 35.747 Kilo Meter. Kabupaten ini jika dibaratkan sama dengan luas wilayah Jawa Barat, Jawa Tengah, atau Provinsi Lampung.

Kabupaten Kutai Timur masuk wilayah Provinsi Kalimantan Timur dengan pusat pemerintahan berada di Sangatta, luas wilayah 35.747,50 KM2, Jumlah Penduduk : 416.800 Jiwa, Jumlah Kecamatan : 18, Jumlah Kelurahan/Desa : 2/139.

5. Kabupaten Malinau

Wilayah yang memiliki luas tertinggi selanjutnya adalah wilayah Kabupaten Malinau yang berada di Provinsi Kalimantan Timur. Jika diibaratakan luas wilayah Kabupaten Malinau setara dengan salah satu Provinsi di Pulau Sulawesi, yaitu Sulawesi Selatan.

Daerah yang berada di Provinsi Kalimantan Utara ini pusat pemerintahannya berada di Kota Malinau, luas wilayah 42.620.70 KM2, Jumlah Penduduk : 82.500 KM2, Jumlah Kecamatan : 15, Jumlah Desa : 109

Kabupaten Terluas di Indonesia ini masih ada kemungkinan untuk berubah-ubah sesuai dengan kebutuhan dan pembangunan masyarakatnya. Apalagi wilayah-wilayah ini menjadi salah satu tujuan daerah trasmigrasi di Indonesia.

Baca Juga   Madu Asli & Palsu, Jangan Terkecoh! Begini Cara Membedakannya

Demikianlah tulisan mengenai Kabupaten Terluas di Indonesia. Semoga dengan adanya Informasi mengenai fakta daerah-daerah di Indonesia ini dapat memberikan wawasan dan juga pengatetahuan bagi segenap pembaca. ***

  • Share