Jeep Willys, Si Tangguh Veteran Perang Dunia II

Avatar Of Teddy Chaniago
7.0 Jeep | Buliran.com

Berlanjut di tahun 1970 merek Jeep ini kembali dijual ke American Motor Corporation (AMC). Setelah itu Jeep diakuisisi lagi oleh Renault. Kemudian di 1987 Jeep pun bergabung dengan Chrysler. Meski berpindah-pindah tangan, merek dagang tetap tidak berubah, dan terus bertahan dengan Jeep, hingga saat ini.

Desain Mobilnya Pernah Menjadi Inspirasi Produsen Pesaing

Saking terkenalnya mobil-mobil ini, membuat beberapa produsen otomotif lainnya juga ingin membuat mobil dengan desain yang sama, atau setidaknya mirip, terutama pada bagian grill depannya.

Mobil tersebut dicetak oleh Land Rover seri 1, kemudian Toyota juga mengikuti hal yang mirip dengan mengadopsi nama Jeep di belakang merek mobil pada tahun 1951 untuk purwa rupa bernama Toyota ‘Jeep’ BJ.

Produsen Mobil yang Ikut Terlibat dalam Perang Dunia

Selain Jeep, ternyata ada cukup banyak produsen mobil yang terlibat sebagai kendaraan perang di Perang Dunia II. Berikut adalah beberapa produsen mobil yang dimaksud.

Rolls-Royce
Perusahaan ini berkonribusi membuat kendaraan utama untuk pasukan Inggris dalam Perang Dunia Satu dengan sedikit memodifikasi di kendaraannya. Ia juga membuat kendaran berlapis baja dan senapan mesin di atasnya. Tidak hanya itu, Rolls-Royce beberapa kali menciptakan mesin pesawat terbang.

Renault

Renault mempunyai dampak besar pada Perang Dunia pertama ketika mereka mengubah fungsi taksi yang mereka miliki di Paris menjadi angkutan bagi para tentara. Dengan begitu mereka sudah membantu melawan serangan dari Jerman di Perang Marne pada tahun 1914. Renault juga berhasil membuat tank. Meski tidak berlapiskan baja, bobotnya yang lebih ringan membuat mereka mudah untuk bermanuver.

Baca Juga   TVS XL100, Si Unik di Pasar Otomotif Indonesia