Jeep Willys, Si Tangguh Veteran Perang Dunia II

Avatar Of Teddy Chaniago
7.0 Jeep | Buliran.com

Anda pasti pernah melihat jajaran mobil produksi Jeep ini pada seri film-film agen rahasia seperti James Bond (007) atau film lainnya yang bertema aksi yang notabene berisi adegan tembak-tembakan layaknya di medan perang. Tentu saja, seperti yang sudah disebutkan di atas, ini karena Jeep juga lahir dari medan perang, tepatnya pada masa Perang Dunia II di tahun 1940-an.

Nama Aslinya Bukan Jeep

Selama masa perang, mobil ini terkenal dengan nama Willys. Adapun nama Jeep sebenarnya akronim atau penyebutan huruf ‘GP’ pada Ford GP (nama lain mobil Willys). Di masa itu mobil-mobil pabrikan kerap memiliki beragam sebutan. Jadi sebenarnya di masa itu mobil-mobil ini memiliki banyak sebutan. Memang agak membingungkan ya.

Model Mobil Perang yang Digunakan untuk Mobil Sipil Pertama

Sekitar pada tahun 1945 setelah Perang Dunia II berakhir, produksi dari mobil-mobil ini tetap berlanjut. Berubah dari nama Willys MB menjadi Willys CJ-2A yang akhirnya digunakan sebagai kendaraan para petani di Amerika Serikat. CJ sendiri sebenarnya merupakan singkatan dari (Civilian Jeep). Seiring perkembangannya, akhirnya mobil-mobil sipil ini mulai memiliki pintu depan dan pintu belakang.

7.3 Jeep | Buliran.com

Setelah Perusahaan Willys Dijual, Namanya Resmi Berubah Menjadi Jeep

Pada tahun 1953 perusahaan Willys-Overland dijual ke Kaiser Motors, dan diambil alih produksi mobil-mobilnya. Perubahan nama itu pun terjadi, mobil yang sebelumnya bernama Willys-Jeep akhirnya resmi menyisakan ‘Jeep’.

Baca Juga   Honda CR-V dan HR-V, Apa Bedanya ?