Jeep Willys, Si Tangguh Veteran Perang Dunia II

Avatar Of Teddy Chaniago
7.0 Jeep | Buliran.com

Akhirnya, Jeep mulai diproduksi pada 20 Mei 1942 oleh Ford Motor Company. Dari beberapa jenis merk mobil ini, yang terbanyak digunakan adalah Willys-Overland dari Toledo, Ohio.

Willys mengusung mesin M38A1 empat silinder 60 Tk dengan transmisi manual tiga percepatan, dan dua percepatan transfercase belakang. Dari sekian banyak Willys produksi awal, ada satu unit yang tersisa yang punya kedekatan dengan panglima perang saat itu.

7.2 Jeep | Buliran.com

Fakta Menarik

Selain bersejarah, Jeep lawas ini ternyata menyimpan banyak fakta menarik yang belum banyak diketahui oleh publik. Apa saja faktanya? Selain mobil ini, jangan lupa melihat fakta menarik berbagai mobil lainnya di website resmi Futuready Indonesia.

Lahir dari Medan Perang

Tepatnya pada Juni 1940, pasukan tentara Angkatan Darat Amerika Serikat meminta pabrikan-pabrikan mobil untuk membuatkan kendaraan perang yang berspesifikasi sesuai kebutuhan AD tersebut.

Di antara banyaknya pabrikan otomotif yang diminta, hanya tiga yang menerima, yakni Bantam, Willys, dan Ford. Dalam satu tahun ketiga produsen tadi berhasil menghasilkan mobil yang kemudian diberi nama Willys Quad.

Setelah model Quad, ada beberapa mobil yang diproduksi untuk menyokong untuk kebutuhan militer Angkatan Darat Amerika selama perang. Antara lain seperti Willys MA yang berubah menjadi Willys MB setelah pergantian mesin dan peningkatan performanya.

7.1 Jeep | Buliran.com

Sering Digunakan dalam Film Bertema Perang

Baca Juga   Mengemudi Mobil di Jalan Berlubang atau Rusak? Gak Usah Kawatir, Ikuti Tips Berikut