Jeep Willys, Si Tangguh Veteran Perang Dunia II

Avatar Of Teddy Chaniago
7.0 Jeep | Buliran.com

BICARA soal Jeep Willys, rasanya mobil ini sangatlah digemari khususnya bagi para pecinta mobil klasik. Bagaimana tidak, bentuknya yang sederhana membuat mobil ini digilai banyak orang.

Tapi, tahukah Anda kalau Jeep Willys ternyata memiliki sejarah panjang bahkan sejak Perang Dunia II? Ya, karena mobil ini dibuat sekitar tahun 1940-an, sudah pasti Jeep yang gagah ini melewati fase Perang Dunia II. Bahkan, kendaraan offroad ini sempat digunakan sebagai kendaraan perang di era itu.

Agar lebih tahu seputar sejarah mobil ini, mari kita simak penjelasan singkatnya di bawah ini!

7. Jeep | Buliran.com

Sejarah Singkat Jeep Willys

Jika berbicara Jeep, bagi pecinta otomotif pasti tidak bisa memisahkannya dengan mobil 4×4 yang kuat. Hal tersebut tentu tidak salah, pasalnya mobil asal Amerika Serikat ini memang terkenal sebagai kendaraan tangguh, bahkan mulai dari Perang Dunia II.

Di era Perang Dunia II, siapa yang tidak mengetahui Jeep. Ya, mobil ini memang menjadi simbol Perang Dunia II dan diciptakan pertama kali pada 1941. Mobil ini dirancang oleh Karl Probst di bawah kontrak American Bantam Company.

Menilik sejarah, Jeep merupakan mobil pertama Jeep khusus atas permintaan pemerintah Amerika Serikat sebagai kendaraan tempur pada Perang Dunia II. Angkatan Darat AS memang memesan kendaraan tempur ringan pengganti Ford Model T pada Juli 1940. Mobil ini berspesifikasi daya angkut sebesar 272 kilogram, ground clearance kurang dari 914 milimeter, dan berbobot 590 kilogram dengan sistem 4 WD atau penggerak empat roda.

Baca Juga   Cara Menghilangkan Noda Aspal di Bodi Mobil secara Efektif