Jeep Willys, Si Tangguh Veteran Perang Dunia II

  • Share

BICARA soal Jeep Willys, rasanya mobil ini sangatlah digemari khususnya bagi para pecinta mobil klasik. Bagaimana tidak, bentuknya yang sederhana membuat mobil ini digilai banyak orang.

Tapi, tahukah Anda kalau Jeep Willys ternyata memiliki sejarah panjang bahkan sejak Perang Dunia II? Ya, karena mobil ini dibuat sekitar tahun 1940-an, sudah pasti Jeep yang gagah ini melewati fase Perang Dunia II. Bahkan, kendaraan offroad ini sempat digunakan sebagai kendaraan perang di era itu.

Agar lebih tahu seputar sejarah mobil ini, mari kita simak penjelasan singkatnya di bawah ini!

Sejarah Singkat Jeep Willys

Jika berbicara Jeep, bagi pecinta otomotif pasti tidak bisa memisahkannya dengan mobil 4×4 yang kuat. Hal tersebut tentu tidak salah, pasalnya mobil asal Amerika Serikat ini memang terkenal sebagai kendaraan tangguh, bahkan mulai dari Perang Dunia II.

Di era Perang Dunia II, siapa yang tidak mengetahui Jeep. Ya, mobil ini memang menjadi simbol Perang Dunia II dan diciptakan pertama kali pada 1941. Mobil ini dirancang oleh Karl Probst di bawah kontrak American Bantam Company.

Menilik sejarah, Jeep merupakan mobil pertama Jeep khusus atas permintaan pemerintah Amerika Serikat sebagai kendaraan tempur pada Perang Dunia II. Angkatan Darat AS memang memesan kendaraan tempur ringan pengganti Ford Model T pada Juli 1940. Mobil ini berspesifikasi daya angkut sebesar 272 kilogram, ground clearance kurang dari 914 milimeter, dan berbobot 590 kilogram dengan sistem 4 WD atau penggerak empat roda.

Akhirnya, Jeep mulai diproduksi pada 20 Mei 1942 oleh Ford Motor Company. Dari beberapa jenis merk mobil ini, yang terbanyak digunakan adalah Willys-Overland dari Toledo, Ohio.

Willys mengusung mesin M38A1 empat silinder 60 Tk dengan transmisi manual tiga percepatan, dan dua percepatan transfercase belakang. Dari sekian banyak Willys produksi awal, ada satu unit yang tersisa yang punya kedekatan dengan panglima perang saat itu.

Baca Juga   Menjaga Jarak Aman Saat Berkendara, Mudah Lho

Fakta Menarik

Selain bersejarah, Jeep lawas ini ternyata menyimpan banyak fakta menarik yang belum banyak diketahui oleh publik. Apa saja faktanya? Selain mobil ini, jangan lupa melihat fakta menarik berbagai mobil lainnya di website resmi Futuready Indonesia.

Lahir dari Medan Perang

Tepatnya pada Juni 1940, pasukan tentara Angkatan Darat Amerika Serikat meminta pabrikan-pabrikan mobil untuk membuatkan kendaraan perang yang berspesifikasi sesuai kebutuhan AD tersebut.

Di antara banyaknya pabrikan otomotif yang diminta, hanya tiga yang menerima, yakni Bantam, Willys, dan Ford. Dalam satu tahun ketiga produsen tadi berhasil menghasilkan mobil yang kemudian diberi nama Willys Quad.

Setelah model Quad, ada beberapa mobil yang diproduksi untuk menyokong untuk kebutuhan militer Angkatan Darat Amerika selama perang. Antara lain seperti Willys MA yang berubah menjadi Willys MB setelah pergantian mesin dan peningkatan performanya.

Sering Digunakan dalam Film Bertema Perang

Anda pasti pernah melihat jajaran mobil produksi Jeep ini pada seri film-film agen rahasia seperti James Bond (007) atau film lainnya yang bertema aksi yang notabene berisi adegan tembak-tembakan layaknya di medan perang. Tentu saja, seperti yang sudah disebutkan di atas, ini karena Jeep juga lahir dari medan perang, tepatnya pada masa Perang Dunia II di tahun 1940-an.

Nama Aslinya Bukan Jeep

Selama masa perang, mobil ini terkenal dengan nama Willys. Adapun nama Jeep sebenarnya akronim atau penyebutan huruf ‘GP’ pada Ford GP (nama lain mobil Willys). Di masa itu mobil-mobil pabrikan kerap memiliki beragam sebutan. Jadi sebenarnya di masa itu mobil-mobil ini memiliki banyak sebutan. Memang agak membingungkan ya.

Model Mobil Perang yang Digunakan untuk Mobil Sipil Pertama

Baca Juga   Ganti Ban Motor Sendiri? Siapa Takut, Begini Tekniknya!

Sekitar pada tahun 1945 setelah Perang Dunia II berakhir, produksi dari mobil-mobil ini tetap berlanjut. Berubah dari nama Willys MB menjadi Willys CJ-2A yang akhirnya digunakan sebagai kendaraan para petani di Amerika Serikat. CJ sendiri sebenarnya merupakan singkatan dari (Civilian Jeep). Seiring perkembangannya, akhirnya mobil-mobil sipil ini mulai memiliki pintu depan dan pintu belakang.

Setelah Perusahaan Willys Dijual, Namanya Resmi Berubah Menjadi Jeep

Pada tahun 1953 perusahaan Willys-Overland dijual ke Kaiser Motors, dan diambil alih produksi mobil-mobilnya. Perubahan nama itu pun terjadi, mobil yang sebelumnya bernama Willys-Jeep akhirnya resmi menyisakan ‘Jeep’.

Berlanjut di tahun 1970 merek Jeep ini kembali dijual ke American Motor Corporation (AMC). Setelah itu Jeep diakuisisi lagi oleh Renault. Kemudian di 1987 Jeep pun bergabung dengan Chrysler. Meski berpindah-pindah tangan, merek dagang tetap tidak berubah, dan terus bertahan dengan Jeep, hingga saat ini.

Desain Mobilnya Pernah Menjadi Inspirasi Produsen Pesaing

Saking terkenalnya mobil-mobil ini, membuat beberapa produsen otomotif lainnya juga ingin membuat mobil dengan desain yang sama, atau setidaknya mirip, terutama pada bagian grill depannya.

Mobil tersebut dicetak oleh Land Rover seri 1, kemudian Toyota juga mengikuti hal yang mirip dengan mengadopsi nama Jeep di belakang merek mobil pada tahun 1951 untuk purwa rupa bernama Toyota ‘Jeep’ BJ.

Produsen Mobil yang Ikut Terlibat dalam Perang Dunia

Selain Jeep, ternyata ada cukup banyak produsen mobil yang terlibat sebagai kendaraan perang di Perang Dunia II. Berikut adalah beberapa produsen mobil yang dimaksud.

Rolls-Royce
Perusahaan ini berkonribusi membuat kendaraan utama untuk pasukan Inggris dalam Perang Dunia Satu dengan sedikit memodifikasi di kendaraannya. Ia juga membuat kendaran berlapis baja dan senapan mesin di atasnya. Tidak hanya itu, Rolls-Royce beberapa kali menciptakan mesin pesawat terbang.

Baca Juga   All New BMW 320i Dynamic Resmi Mengaspal

Renault

Renault mempunyai dampak besar pada Perang Dunia pertama ketika mereka mengubah fungsi taksi yang mereka miliki di Paris menjadi angkutan bagi para tentara. Dengan begitu mereka sudah membantu melawan serangan dari Jerman di Perang Marne pada tahun 1914. Renault juga berhasil membuat tank. Meski tidak berlapiskan baja, bobotnya yang lebih ringan membuat mereka mudah untuk bermanuver.

Ford

Pertama kali Ford memproduksi sebuah Traktor, truk, dan kendaraan lainnya pada Perang Dunia Satu. Kebanyakan mobil Ford digunakan untuk membantu para tentara yang terluka. Nampaknya Ford tidak hanya ingin seperti itu saja, mereka mencoba membuat tank ringan tetapi tidak bisa mengalahkan buatan Renault. Sehingga kontrak mereka dengan Amerika dibatalkan dengan membuat beberapa tank saja.

Chevrolet

Chevrolet merupakan anak perusahaan dari General Motors (GMC). Chevy memiliki tanggung jawab untuk membuat truk pemadam kebakaran selama perang berlangsung. Mereka ditugaskan untuk menciptakan mobil pemadam kelas 110 dan kelas 135. Selain itu mereka juga membuat kendaraan lapis baja yang digunakan oleh pasukan Inggris. Terhitung selama kedua Perang Dunia mereka sudah menghasilkan sebanyak 450.000 kendaraan.

Dodge

Selama Perang Dunia Kedua Dodge telah berhasil membuat sekitar 400.000 truk dengan berbagai ukuran dan berat. Mereka membuat kendaraan tersebut untuk berbagai keperluan selama perang berjalan. Dodge lebih sering membuat kendaraan yang tangguh sehingga bisa melewati segala jenis medan, dan memiliki kapasitas muatanbesar.

Nah, sekarang kita sudah tahu bahwa mobil Jeep bukan hanya sedap dipandang tapi juga memiliki sejarah panjang. Mungkin Anda salah satu pemilik Jeep ini yang masih bisa digunakan hingga saat ini? ***

  • Share