Guys, Ini Lho Motor Klasik yang Jadi Buruan Kolektor

Avatar Of Teddy Chaniago
1. Jadul | Buliran.com

Honda Astrea Star menandai era sepeda motor cub/bebek modern Honda. Lahir pertama kali pada 1985 sebagai penerus Astrea 800 dengan desain yang lebih modern.

Astrea star adalah di antara salah satu generasi penerus dari Honda Super Cub hingga bertransformasi menjadi Honda Supra series. Mengusung mesin 4-tak 85,8 cc 1 silinder SOHC, serta sudah dilengkapi dengan elektrik stater. Namun, di beberapa daerah ada juga yang tanpa tombol starter alias engkel.

3.10 Honda Astrea Star 1986 | Buliran.com

Transmisinya juga mengalami perubahan menjadi 4 percepatan dengan sistim rotary, N 1 2 3 4 N kembali. Selain itu Astrea Star menjadi yang terakhir menggunakan lengan ayun atau swing arm pada roda depan alias belum menggunakan shock jenis telescopic serta sistem pengereman masih menggunakan tromol baik bagian depan maupun belakang.

Astrea Star memiliki dimensi panjang 184,5 cm, lebar 66 cm, serta tinggi 105 cm. menggunakan rangka jenis back bone serta jarak sumbu roda 118 cm. Kapasitas tangki 4 liter, ukuran ban depan 2.25-17 dan belakang 2.50-17.

Di antara keluarga C-Series lainnya, bentuk awal serta perfomanya yang mulai lebih modern ketimbang Astrea 800 atau Asdap, membuat Astrea Star ikut menjadi salah satu yang diburu penggemar Honda Astrea. Bila awalnya hanya melihat gaya orisinal dari parts, namun kini sudah mengacu pada warna yang langka. Bisanya hanya dominan warna hitam, namun ternyata ada warna biru, merah, silver sampai gold. ***

Baca Juga   Nyari SUV Bekas Murah, Bandel & Tangguh? Ini Rekomendasinya