Guys, Ini Lho Motor Klasik yang Jadi Buruan Kolektor

Avatar Of Teddy Chaniago
1. Jadul | Buliran.com

6. Vespa VBB

Dari sekian banyak varian Vespa yang beredar, Vespa VBB merupakan salah satu model yang cukup populer. Kepopuleran Vespa VBB bisa dilihat dari angka penjualan yang mencapai 270 ribuan unit hingga dekade 1970-an, yang hanya bisa dikalahkan oleh Vespa 150 Sprint.

Vespa VBB pertama kali diproduksi pada tahun 1960. Skuter ini merupakan evolusi dari generasi sebelumnya, yakni Vespa VBA, yang diproduksi antara tahun 1958 hingga 1960. Vespa VBB mengalami penyempurnaan ukuran karburator menjadi Dellorto SI20/17C, yang semula Dellorto SI20/17A pada VBA.

3.6 Vespa Vbb | Buliran.com

Selain itu, model VBB juga telah mengusung sistem transmisi manual empat percepatan. Sementara, Vespa VBA masih menggunakan sistem transmisi manual tiga percepatan. Perubahan lain yang cukup mencolok tampak pada penambahan garis maya melengkung di boks bagasi, mesin, dan spakbor depan, tidak dibenamkannya indikator light di handlebar atau stang, hingga model lampu belakang yang mungil.

Untuk dimensinya, Vespa VBB memiliki ukuran panjang x tinggi 1.680 x 1.500 mm, dengan berat mencapai 93 kg. Skuter ini dipersenjatai mesin 2-stroke rotary volve, single cylinder, berkapasitas 145,5cc. Dengan bekal tersebut, Vespa VBB mampu memuntahkan daya hingga 5,5 hp pada putaran 5.500 rpm. Sementara, kecepatan maksimal yang bisa diraih mencapai 87 km/jam.

Vespa VBB (dan juga Vespa VBA) merupakan basis bagi generasi Vespa S yang muncul kemudian. Sayangnya, umur skuter ini terbilang singkat karena pihak Piaggio memutuskan menghentikan produksinya pada tahun 1965.

Baca Juga   Trailblazzer, Si Keren dari Chevrolet