Kluban Rontak Rantek, Salad Sayur Masa Lalu

  • Share

MENCARI aneka kuliner tradisional tempo dulu di sejumlah pasar tradisional di Banyumas gampang-gampang susah dan relatif butuh energy khusus. Pasalnya, menu tradisional yang tempo dulu banyak dijual kini tak semua dapat ditemui dengan mudah.

Selain penjualnya yang sudah tua, juga beberapa dari mereka sudah meninggal dunia namun tak mewariskan kepadandaian yang dimiliki kepada keluarganya.

Salah satu kuliner tempo dulu yang banyak disukai yakni Kluban (Jawa,red )atau daerah lain menyebut Urap , atau Gudangan. Menu ini jika di era sekarang mirip dengan Salad sayur.Keunikan Kluban adalah pada bumbu parutan kelapa dipadu sayuran yang direbus .

Khusus di wilayah Banyumas, Kluban rontak rantek menjadi unik dan langka karena jarang pedagang yang menjualnya, namun di pasar manis Sokaraja, Banyumas masih ada satu penjual, Suparni (65). Ia menuturkan, berjualan di pasar itu sudah lebih dari 30 tahun.

“ya 30 tahunan lah saya jualnya, dari dulu saya jualnya di belakang ini walau pasar dah renovasi, tetap saya di belakang. Kluban rontak rantek ini saya tiap hari bawa satu baskom, jam 09.00 dah habis “ tuturnya.

Suparni menyebut, Kluban rontak rantek terdiri 8 sayuran yang ia dapat dari kebun di sekitar rumah dan sebagian ia beli dari tetangga.

“Delapan sayuran itu ada krokot yang rasanya sedikit kecut, krema, terus bayam, lontop (daun ubi,red), kangkung, cakra cikri, kacang panjang dank obis (kol,red ), bumbunya biar sedap ditambah trasi, kencur, gula jawa dan cabai rawit yang banyak serta irisan kecombrang “ tambahnya.

Sebagain besar pembeli membungkus pulang Kluban rontak rantek yang dibungkus daun pisang. Harga per bungkus alamak, sangat murah. Hanya Rp2.000 saja . Selain terasa segar, kluban juga diakui mengandung gizi bagus dari aneka sayuran yang tercampur .

Baca Juga   Ke Grobogan? Sego Pager Jangan Dilupa

Jika ingin membuat sendiri juga cukup mudah. Semua sayuran dicuci bersih kemudian direbus. Untuk bumbu Kluban, siapkan parutan amaps kelapa, campurkan bumbu garam, terasi, kencur, bawang putih, dan gula merah secukupnya. Masak dengan api sedang, tambahkan daun salam dan laos. Hidangkan dengan sayuran yang sudah dikukus dan diiris iris , serta taburkan irisan kecombrang saat menghidangkan . ***

  • Share