Wow, 28.965 ASN Aktif Terima Bansos

Avatar Of Teddy Chaniago
5. Bansos | Buliran.com

BuliranNews, JAKARTA – Entah petugas pendataan yang sembrono, atau karena si penerima yang pura-pura tidak tahu dan tak mau tahu. Dimana, hasil pendataan ulang yang dilakukan oleh Kementerian Sosial, diketahui sebanyak 31.624 orang penerima Bantuan Sosial (Bansos) adalah Aparatur Sipil Negara (ASN).

Dan yang lebih mengejutkan lagi, dari jumlah tersebut, 28.965 orang diantaranya masih berstatus Aparatur Sipil Negara aktif artinya masih menjalankan tugas sebagai pegawai negara. Bahkan yang bikin melongo, seorang ASN penerima Bansos justru tinggal di kawasan elit di Kota Jakarta yaitu kawasan Menteng.

Angka sebanyak itu tersebut tersebar di 514 kabupaten kota di 34 provinsi di seluruh Indonesia. ASN yang mendapat bansos diketahui berprofesi sebagai dosen, ASN, aparat hukum bahkan ada yang berstatus sebagai tenaga medis.

5.1 Bansos | Buliran.com

Menteri Sosial, Tri Rismaharini merinci, sebanyak 28.965 ASN dalam data tersebut masih aktif menjabat, sementara sisanya merupakan pensiunan. Seluruh data tersebut akan diserahkan ke daerah untuk perbaikan.

“Jadi setelah kami serahkan data ke BKN (Badan Kepegawaian Negara), ternyata ada indikasi yang ASN itu 31.624, yang aktif setelah kita cek itu 28.965, ini akan kita kembalikan ke daerah,” kata Risma saat Konferensi Pers ‘Pemadanan Data’ di Kantor Kemensos, Salemba, Jakarta Pusat, Kamis (18/11.

Untuk diketahui, program bantuan sosial yang didistribusikan pemerintah itu, terdiri dari Bansos Tunai (BST), Bantuan Pangan Non Tunai (BPNT), dan Program Keluarga Harapan (PKH).

Baca Juga   Alamak, Sabu Hasil Tangkapan Dijual Oknum Polisi