Perkuat Timnas, STY Sodorkan Nama Sandy, Mees, Kevin & Jordi

  • Share

BuliranNews, JAKARTA – Guna memperkuat Timnas Indonesia, pelatih Shin Tae-yong mengajukan empat pemain keturunan yang saat ini mentas di jagad sepak bola Eropa. Keempatnya diharapkan bisa bahu membahu mengantar Timnas Indonesia mencapai mimpi warga Indonesia.

Kempat pemain yang diajukan pelatih asal Negeri Ginseng tersebut adalah Jordi Amat (warga negara Spanyol), Sandy Walsh, Kevin Diks dan Mess Hilgers. Tiga nama terakhir merupakan warga negara Belanda.

“Empat nama itu sudah diajukan. Namun, saya tidak bisa memastikan apakah mereka nantinya bisa memperkuat timnas Indonesia atau tidak.” kata Ketum PSSI, Mochamad Iriawan.

Keempatnya memiliki postur badan yang dianggap bisa membantu Timnas Indonesia dalam memenangkan bola mati (set piece).

Terkait pengajuan nama tersebut, Menteri Pemuda dan Olahraga  (Menpora) Zainudin Amali,  tak keberatan yang penting menurutnya, mereka memilih untuk menjadi Warga Negara Indonesia (WNI).

“Yang penting dia mau memilih di sini, di Indonesia. Kalau dia sudah memilih, ya dia sudah tidak bisa lagi lepas,” kata Amali dalam konferensi pers virtual.

Kendati begitu, Amali menyebut belum menerima permintaan dari PSSI . Namun, ia menyebut keempat pemain tersebut sudah jelas karena memang benar memiliki darah keturunan Tanah Air.

Berikut sosok keempat pemain tersebut:

1. Jordi Amat (Spanyol)

Jordi Amat tercatat sebagai yang tertua dengan usia 29 tahun. Jordi, seorang bek tengah bertinggi badan 1,84 meter, saat ini bermain di Liga Belgia bersama klub KAS Eupen.

Pemain berdarah Indonesia keturunan Raja Siau, punya karier yang bisa dibilang sangat bagus. Dia pernah bermain di liga-liga top Eropa seperti Liga Inggris dan Liga Spanyol. Pemain yang kini membela klub dari Belgia, KAS Eupen ini mengawali karier junior di Espanyol.

Baca Juga   Kepingan Emas dari Momiji Nishiya, Bocah Ajaib Berusia 13 Tahun

Jordi dipromosikan ke tim senior Espanyol tahun 2010 di usia 18 tahun. Ia tampil apik dan menjadi salah satu anak kesayangan Mauricio Pochettino yang saat itu masih melatih Espanyol.

2. Sandy Walsh (Belanda)

Sandy Walsh adalah bek kanan setinggi 1,85 meter berumur 26 tahun yang juga merumput di Liga Belgia, tetapi untuk klub KV Mechelen. Pemain kelahiran Belgia itu saat ini berkewarganegaraan Belanda.


Walsh bukan sosok asing bagi para pencinta sepak bola Tanah Air. Sebab, dia memang sudah sejak lama diincar untuk dijadikan pemain naturalisasi beberapa tahun yang lalu, tepatnya sejak Timnas Indonesia masih ditangani Luis Milla

3. Kevin Diks (Belanda)

Kevin Diks beroperasi sebagai bek kanan di FC Copenhagen di Liga Denmark. Berusia 25 tahun, Kevin bertinggi badan 1,82 meter. Namanya menjadi sorotan saat membuat debut tim nasional sepak bola Belanda U-19 dalam kemenangan 7-0 melawan Andorra U-19 pada 9 oktober 2014.

4. Mees Hilgers (Belanda)

Mees Hilgers masih berumur 20 tahun dan kini membela FC Twente di Liga Belanda. Mees biasa mengisi sektor bek tengah. Dia melakoni debutnya di Eredivisie pada usia 18 tahun dan telah mencatat 11 penampilan di Liga Belanda.

Pemain bertinggi badan 183cm ini digadang-gadang bakal menjadi tandang yang baik untuk Elkan Baggott di barisan bertahan Timnas Indonesia. Terutama untuk mengantisipasi bola-bola mati alias set piece. (*/sbl)

 

 

  • Share