Gadget  

Smarphone Kalian Kemasukan Air? Jangan Khawatir, Ikuti Tips Berikut

Avatar Of Teddy Chaniago
1. Blog Judul Blog 38 | Buliran.com

Tapi, yang pasti smartphone tersebut harus didiamkan dulu satu sampai dua hari dulu. Pastikan dulu aman dan kering ya.

8. Selamatkan LCD dan baterai

Salah satu langkah yang tak kalah penting ketika HP terkena air adalah memastikan bahwa LCD-nya kering terlebih dahulu. Kamu wajib bersihkan bagian LCD-nya terlebih dulu. Bagian ini biasanya rentan rusak setelah terkena air. Hal ini karena LCD berisi filamen lunak dan tidak tahan pada kelembaban air. Kalau dibiarkan basah terlalu lama, bisa muncul flek hitam pada layar LCD HP.

 

9. Selamatkan Baterai | Buliran.com

Selain LCD, selamatkan juga baterai. Hal ini mungkin berlaku pada HP dengan baterai yang bisa dilepas. Kalau tidak, kamu mungkini bisa mengeringkannya dengan kipas. Ingat, jangan mengeringkan dengan hair dryer terlalu lama dan panas. Karena bisa merusak komponen di dalamnya.

9. Rendam di beras

9. Rendam Di Beras | Buliran.com

Salah satu cara yang katanya paling ampuh adalah dengan merendam di beras. Dengan direndam beras, maka akan terjadi panas yang bisa langsung mengeringkan ponsel tersebut.

10. Gunakan Silica Gel

Tidak hanya beras, silica gel juga bisa kamu gunakan untuk mengeringkan smartphone yang tercebur air. Silica gel memang mampu mengerikan perangkat dengan menyerap kelembapannya.

Selain itu, khusus untuk perangkat elektronik, silica gel dipercaya mampu untuk mencegah kondensasi alias pengembunan.

9. Silica Gel | Buliran.com

Lantas, bagaimana cara mengeringkan HP yang telah terendam dalam air? Pastikan HP kamu dalam keadaan mati. Kemudian, letakkan saja HP kamu di tumpukan silica gel. Diamkan selama dua hingga tiga hari. Sebelum dinyalakan, pastikan HP kamu sudah tidak basah lagi.

Baca Juga   Pixel 6 dan 6 Pro Resmi Dipasarkan