Smarphone Kalian Kemasukan Air? Jangan Khawatir, Ikuti Tips Berikut

  • Share

HP kemasukan air memang bisa bikin panik. Jangan berpikir bahwa HP kamu sudah rusak, masih ada beberapa cara untuk membuat HP kamu tetap hidup!

Meski sekarang sudah mulai banyak produsen yang memproduksi smartphone dengan IP68 atau kemampuan tahan air, tetapi masih banyak produk yang tidak dibekali dengan kemampuan seperti itu. Oleh karenanya, air merupakan musuh utama bagi pemilik smartphone.

Kalau kehujanan mungkin masih bisa diatasi. Lalu, bagaimana jika HP kesayanganmu itu secara tidak sengaja terkena air atau tercebur basah kuyup? Ada banyak kemungkinan hal tersebut bisa terjadi. Mungkin kamu tidak sengaja menjatuhkannya ke bak mandi ketika smartphone dibawa masuk kamar mandi. Atau saat banjir, kamu sudah berhati-hati sekali membawa smartphone kesayangan, tetapi terpeleset hingga smartphone jatuh ke genangan air.

Atau juga bisa kamu tidak sengaja diceburkan ketika kamu ulangtahun misalnya. Nah, kalau terjadi seperti itu biasanya banyak yang panik dan melakukan langkah-langkah yang salah.

Jika kejadian-kejadian tersebut terjadi, jangan sedih dulu! Ada kemungkinan, HP kesayangan kamu bisa diselamatkan. Untuk itu, ikuti saja 10 tips di bawah ini!

1. Jangan langsung dinyalakan

HP kamu tercebur, panik sih panik tapi jangan sampai langsung menyalakannya ya. Ini karena ketika HP kamu terkena air atau hingga terendam air, biasanya air-air itu akan langsung menyebar dan terserap ke semua komponen.

Kalau kamu langsung menyalakannya, nantinya akan rentan terjadi korsleting. Maka dari itu, kalau bisa langsung kamu keringkan jika habis tercebur.

Besar kemungkinan, HP kamu dalam keadaan menyala saat tercebur. Nah, saat itu terjadi, langsung matikan saja ya!

2. Jangan tekan sembarang tombol

Sebenarnya ini masih berkaitan dengan poin di atas. Kalau HP kamu terkena air atau basah, ketika dinyalakan jangan langsung pencet-pencet tombolnya. Kami paham bahwa mungkin kamu ingin memastikan bahwa smartphone kamu baik-baik saja.

Baca Juga   RAM 8GB/128GB Andalan Realme GT Master Edition 5G

Tapi, yang ada kamu malah akan merusak. Pasalnya bisa saja air itu malah semakin masuk jik tombol-tombol tersebut dipencet.

3. Jangan dijemur matahari langsung

Pun HP kamu terkena air atau basah dan kamu harus mengeringkannya, sebaiknya jangan dijemur di matahari langsung. Karena hal ini dinilai bisa membuat rusak komponen yang ada di dalamnya. Jadi, ketimbang kamu menjemurnya, kamu bisa mengeringkannya dengan beras. Lebih lanjut soal beras, dapat kamu lihat di poin-poin berikutnya.

Lagipula kalau kamu jemur, nanti yang ada malah hilang. Jadi, selain rusak, bisa bikin hilang.

4. Jangan digoyang-goyang

HP terkena air atau tercebur pastinya basah. Ambil smartphone-mu, tapi jangan digoyang-goyangkan. Kami mengerti mungkin maksud kamu ingin agar air-air yang ada di smartphone kamu hilang. Tapi, cukup lap saja dengan kain kering atau handuk.

Kalau nanti kamu goyang-goyangkan, air malah makin masuk ke hardware. Kamu harus menghindari hal itu ya.

5. Jangan dikeringkan dengan hair dryer

Ada banyak cara untuk mengeringkan smartphone. Tapi, banyak juga yang salah caranya. Tadi sudah disebutkan jika kamu jangan langsung menjemur di bawah terik matahari. Nah, terus bagaimana dong? Kalau pakai hair dryer boleh?

Jawabannya jangan! Mengeringkan smartphone dengan menggunakan hair dryer dapat meningkatkan risiko kerusakan komponen penting smartphone. Pasalnya, panas yang dihasilkan hair dryer dapat membuat komponen listrik di dalam smartphone jadi cepat naik suhunya.

6. Gunakan vacuum cleaner

i poin sebelumnya, kami melarang kamu untuk mengeringkan HP yang terendam air dengan menggunakan hair dryer. Akan tetapi, kami tidak melarang kamu untuk mengeluarkan air dengan menggunakan vacuum cleaner!

Ya, kamu bisa menggunakan vacuum cleaner untuk mengeluarkan air dari HP. Hanya saja, jangan gunakan vacuum cleaner dengan ukuran besar yang biasanya untuk membersihkan rumah ya! Cukup gunakan vacuum cleaner yang biasa digunakan untuk membersihkan debu di HP alias vacuum cleaner USB.

Baca Juga   HP Terbaru di Oktober 2021, Ini Daftarnya

7. Tunggu satu sampai dua hari

Tadi di poin pertama sudah disebutkan jika HP kamu terkena air atau tercebur, kamu jangan langsung menyalakannya. Kami tahu bahwa mungkin kamu ingin langsung menggunakannya, entah mungkin kamu ada keperluan dengan seseorang.

Tapi, yang pasti smartphone tersebut harus didiamkan dulu satu sampai dua hari dulu. Pastikan dulu aman dan kering ya.

8. Selamatkan LCD dan baterai

Salah satu langkah yang tak kalah penting ketika HP terkena air adalah memastikan bahwa LCD-nya kering terlebih dahulu. Kamu wajib bersihkan bagian LCD-nya terlebih dulu. Bagian ini biasanya rentan rusak setelah terkena air. Hal ini karena LCD berisi filamen lunak dan tidak tahan pada kelembaban air. Kalau dibiarkan basah terlalu lama, bisa muncul flek hitam pada layar LCD HP.

 

Selain LCD, selamatkan juga baterai. Hal ini mungkin berlaku pada HP dengan baterai yang bisa dilepas. Kalau tidak, kamu mungkini bisa mengeringkannya dengan kipas. Ingat, jangan mengeringkan dengan hair dryer terlalu lama dan panas. Karena bisa merusak komponen di dalamnya.

9. Rendam di beras

Salah satu cara yang katanya paling ampuh adalah dengan merendam di beras. Dengan direndam beras, maka akan terjadi panas yang bisa langsung mengeringkan ponsel tersebut.

10. Gunakan Silica Gel

Tidak hanya beras, silica gel juga bisa kamu gunakan untuk mengeringkan smartphone yang tercebur air. Silica gel memang mampu mengerikan perangkat dengan menyerap kelembapannya.

Selain itu, khusus untuk perangkat elektronik, silica gel dipercaya mampu untuk mencegah kondensasi alias pengembunan.

Lantas, bagaimana cara mengeringkan HP yang telah terendam dalam air? Pastikan HP kamu dalam keadaan mati. Kemudian, letakkan saja HP kamu di tumpukan silica gel. Diamkan selama dua hingga tiga hari. Sebelum dinyalakan, pastikan HP kamu sudah tidak basah lagi.

Baca Juga   Sama-sama Murah, Ayo Bedah Samsung Galaxy A22 5G dan Poco M3 Pro 5G

Nah, itulah cara-cara yang harus dilakukan ketika HP kemasukan air, terutama saat banjir. Saat ini, HP kamu sudah punya fitur tahan air atau tidak? ***

  • Share