Pantai Inaoe, Si Perawan dari Pesisir Rote

  • Share

PULAU ROTE memang terkenal dengan keindahan pantainya. Salah satu pantai yang indah di pulau ini adalah Pantai Inaoe atau Tolanamon.

Pantai mungil nan cantik ini mendadak viral setelah seorang warga mengunggah foto Pantai Inaoe di media sosial.

Pantai ini sering disebut wisatawan sebagai Pantai Perawan. Terletak di Kecamatan Rote Selatan, pantai ini tergolong baru untuk pariwisata di Nusa Tenggara Timur (NTT).

Pantai cantik dan unik ini tersembunyi di teluk mungil yang menjorok jauh ke daratan dengan bibir pantai berpasir putih. Air lautnya jernih dengan warna bergradasi hijau toska dan biru tua.

Di sekeliling pantai terdapat bukit-bukit kecil seperti mengapung. Seakan menyembunyikannya dari dunia luar. Keberadaan bukit-bukit ini justru mempercantik pantai, yang oleh warga lokal disebut Pantai Tolanamon. Dari bukit-bukit ini, Anda bisa melihat kecantikan Pantai Inaoe.

“Godaan Menawan Pantai Perawan di Rote Selatan, Nusa Tenggara Timur. Pantai ini berlokasi di pesisir selatan Pulau Rote. Tepatnya Kecamatan Rote Selatan. Ayo dolan ke sini. Pemandangan laut luas yang tampak biru dan bersih, serta sinar matahari yang menerpa lansekap dengan dominasi bebatuan, memantulkan hawa panas permukaan air laut yang menyilaukan mata. Yuk, tag dan ajak teman kamu dolan ke sini!” tulis Instagram @ayodolan).

Pantai Inaoe merupakan teluk yang menghadap Samudera Indonesia. Posisi teluk tersebut diapit oleh tebing-tebing karang kokoh yang menjulang tinggi. Di sekitar pantai terlihat lebih sejuk karena sinar matahari terhalang oleh tebing.

Pantai ini cocok untuk berenang. Ombaknya sangat bersahabat bagi wisatawan yang berkunjung. Di sepanjang bibir pantai terdapat hamparan pasir putih yang bersih, sesekali camar laut melintas sekadar ikut memberi warna di pantai Tolanamon.

Baca Juga   Sibanggor Julu, Pesona Desa Unik Berusia Ratusan Tahun di Mandailing

Untuk dapat sampai ke Tanah Rote, wisatawan dapat menggunakan pesawat komersil dari Kota Kupang dengan lama perjalanan sekitar 30 menit. Ada juga moda transportasi lainnya, yaitu Kapal Cepat dari Pelabuhan Bolok dengan tarif yang bervariasi.

Jika menggunakan moda transportasi laut, Anda akan menempuh waktu perjalanan selama 3 jam, dan akan berlabuh ke Kota Ba’a. Akses menuju Pantai Inaoe cukup sulit untuk dilalui, lantaran medan jalan yang rusak. Lebih baik menyewa transportasi pribadi seperti mobil beserta sopirnya yang berangkat dari Kota Ba’a. Dari Kota Ba’a, Anda akan menempuh waktu sekitar 2 jam. ***

 

 

  • Share