Tepo Tahu, Lezatnya Kuliner Magetan

Avatar Of Teddy Chaniago
12.2 Tepo | Buliran.com

KITA mungkin sudah mengenal ketoprak, kupat tahu, atau tahu telur. Nah, Tepo Tahu asal Magetan ini serupa dengan tiga kuliner tersebut.

Namun, Tepo Tahu memiliki rasa yang cukup unik dan bisa menimbulkan ketagihan bagi penikmatnya.
Rasa manis, asam, pedas, dan sedikit wangi menjadi paduan kelezatan yang khas. Unik dan menggoda selera siapapun yang mencicipinya.

12. 1 Tepo | Buliran.com

Mengenal Tepo Tahu

Sajian kuliner khas Magetan ini terdiri dari irisan tahu berbentuk dadu yang digoreng cukup kering. Tahu goreng itu kemudian dicampur dengan kuah yang unik.

Kuah itu terbuat dari campuran kacang tanah goreng, cabai, bawang putih, dan sedikit garam yang digoreng bersama daun jeruk, kemudian digerus bersama air gula dan kecap secukupnya.

Tepo Tahu tidak menggunakan petis sebagai bumbu utamanya, melainkan diganti dengan kecap manis. Rasa manis dan asam begitu terasa di lidah saat kita mencicipi kuahnya.

Setelah itu bisa ditambahkan dengan kecambah pendek dan daun seledri secukupnya. Tambahan daun seledri inilah yang kerap menggugah selera para penikmat Tepo Tahu.

12. Tepo | Buliran.com

Bahan untuk Tepo

Dihimpun dari berbagai sumber, Tepo ini mirip lontong pada umumnya. Dibuat dari beras, lalu dibungkus dengan daun pisang berbentuk limas atau piramida. Setelah itu direbus selama beberapa jam hingga matang.

Penikmat Tepo Tahu tidak hanya berasal dari Magetan saja, namun juga dari daerah di sekitarnya. Bahkan tidak sedikit wisatawan yang berkunjung ke Magetan mencicipi kelezatan kuliner khas ini.

Baca Juga   Kapurung, Penggugah Selera dari Luwu