Hobby Ngetrail? Ini Rekomendasi Motor Trail Terbaik dan Termurah di Kelasnya

  • Share

SETIAP tahunnya, pabrikan motor selalu mengeluarkan motor trail terbaik dan termurah guna menggaet para pecinta kecepatan dan kelincahan. Setiap pabrikan berlomba untuk menghadirkan motor dengan performa terbaik dan harga terjangkau.

Hal ini dilakukan semata untuk dapat menjangkau semua kalangan. Seperti ajang kompetisi, dominasi kelas selalu berubah-ubah dan selalu berkejaran. Itulah yang membuat dunia otomotif selalu bergerak dan tidak monoton.

Berikut Deretan Motor Trail Terbaik dan Termurah di Kelasnya

1. Kawasaki KLX 150

Pabrikan asal Jepang, Kawasaki memang terkenal dengan motor-motor sport yang handal. Pada kelas empat tak, Kawasaki mengeluarkan seri KLX 150 yang merupakan pionir dalam kendaraan besi kelas trail.

Motor yang dibanderol dengan harga sekitar 30 jutaan ini sangat sesuai untuk para pemula. Harganya yang murah dengan berbagai kelebihan, membuat para pecinta adrenalin yang masih awam dapat mencoba sensasi berkendara dengan motor trail. Hal ini dikarenakan joknya yang rendah dengan bobot yang ringan.

Selain beratnya yang hanya 116 kg, kelebihan lain yang diberikan oleh KLX 150 adalah ukuran rodanya yang juga kecil. Untuk ban depan, Kawasaki menggunakan ukuran 70/100-19 inci. Sedangkan ukuran 90/100-16 inchi digunakan untuk ban belakang.

Namun, motor yang paling murah di antara besutan pabrikan jepang lainnya ini juga memiliki kekurangan. Hal ini bisa dilihat dari kemampuan mesin yang tidak sehandal pesaingnya. Torsi puncak yang dimiliki motor ini hanya berkisar pada 11,3 Nm/6.500 rpm.

Selain itu, power puncak yang dihasilkan dapur pacunya hanya bertengger pada 12 PS di 8.000 rpm. Hal lain yang patut untuk dipertimbangkan adalah sistem penyemprotan bahan bakar yang masih menggunakan karburator sedangkan motor modern lain sudah menggunakan injeksi.

2. Kawasaki KLX 250

Kelebihan dari motor 4 tak yang cocok dibawa bertualang ini adalah kekuatan serta akselerasi yang sepadan. Dengan kapasitas mesin 249 cc , motor yang sudah menerapkan teknologi DOHC 4-sealed ini mampu menghasilkan kekuatan hingga 18 kw tiap 9000 rpm. Selain itu, torsi puncak yang mampu dihasilkan oleh motor bertransmisi 6 percepatan dengan pendingin liquid ini berada di angka 21 Nm/7000 rpm.

Baca Juga   Mobil Anda Tiba-Tiba Mogok, Mungkin Ini Penyebabnya

Untuk urusan mahar, kamu hanya perlu menyiapkan sekitar 62 jutaan sebagai ganti motor trail terbaik dan termurah ini agar bisa dibawa pulang. Harga ini tentu sebanding dengan kualitas dan pengalaman yang akan didapatkan.

3. Kawasaki KX 65

Jika kamu masih mencari motor trail terbaik dengan harga yang murah, maka Kawasaki KX 65 bisa menjadi pilihan. Walaupun tergolong mungil, namun motor yang dibanderol dengan harga 37 jutaan ini memiliki performa mesin yang prima.

Dapur pacu motor ini berasal dari mesin 64 cc yang cocok digunakan untuk off-road dan mencoba medan yang tidak terlalu terjal. Selain itu, motor bermesin 2 tak ini juga sudah dilengkapi dengan fitur-fitur modern yang akan membuat pengalaman berkendara menjadi lebih nyaman dan menyenangkan.

4. Suzuki Trail DR200S

Suzuki Trail DR200S ini mengusung teknologi single cylinder untuk mesin 4 tak miliknya guna melengkapi mesin berkapasitas 149 cc yang diusungnya. Pabrikan Suzuki juga memadukan teknologi canggih lainnya guna menghasilkan semburan power yang besar.

Dengan demikian, kamu dapat membawa motor trail ini ke medan offroad yang cukup berat. Bisa dibilang, motor ini bukanlah keluaran terbaru. Motor trail dengan mesin bertransmisi 5 percepatan ini sudah diperkenalkan dari tahun 2014. Walaupun sudah 6 tahun berlalu, namun kepopuleran motor yang dibanderol dengan harga 35 jutaan ini tidak pernah surut.

5. Viar Cross X 250 ES

Meskipun namanya belum sekondang Kawasaki maupun Honda, namun siapa sangka Viar mampu menghasilkan motor trail yang tak kalah canggih dan bahkan bisa membuat kagum para penggemar dunia off road.

Kelebihan yang dimiliki oleh motor dengan kerangka sangat gagah ini adalah dari sisi penggunaan teknologi pemotongan CNC. Selain itu, kebanyakan komponen yang ditanamkan di dalam motor ini menggunakan material aluminium.

Hal ini membuat bobot rangka motor lebih ringan dibandingkan para pesaingnya, yaitu hanya berkisar pada angka 120 kg saja. Hal ini membuat berat motor berkapasitas 250 cc ini menjadi jauh lebih ringan daripada mesin trail berkapasitas 150 cc sekalipun.

Baca Juga   Boyong SUV Tiggo, Chery Kembali 'Mengadu Nasib' di Indonesia

pada sisi suspensi, Viar Cross X 250 CC menghadirkan teknologi upside down pada suspensi depannya. Perlengkapan tambahan yang dipasangkan ke dalam motor trail ini juga sangat mendukung kamu dalam berkegiatan offroad, yaitu adanya handguard dan juga cakram belakang yang berpelindung.

Sebagai merk kebanggaan Indonesia, motor trail ini jelas lebih murah dibandingkan dengan motor impor lainnya. Bayangkan saja, dengan 43 jutaan saja, kamu dapat membawa pulang motor yang menggunakan pendingin liquid dengan torsi puncak hingga 23 Nm.7000 rpm ini.

Bahkan motor yang menghasilkan power maksimum di angka 25,8 PS/9000 rpm ini sangat jauh lebih murah dibandingkan dengan pesaingnya, sebut saja KLX 250 besutan Kawasaki yang dipatok seharga 65 jutaan dan juga CRF 250 Rally keluaran Honda yang berharga 83 jutaan.

6. Viar Cross X 150 Standar

Satu lagi motor trail keluaran pabrikan Indonesia yang mulai dilirik oleh para pecinta offroad. Dalam motor trail berkapasitas mesin 150 cc ini, sudah dibenamkan teknologi SOHC dalam mesin 4 tak-nya. Jantung pacu dari motor berkapasitas standar ini mampu menghasilkan torsi puncak 9.8 Nm/7000 rpm dengan tenaga maksimum 7,5 kw/7500 rpm.

Sama dengan Viar Cross X 250 ES, motor trail satu ini juga menghadirkan suspensi upside down untuk bagian depannya. Hal ini membuat pengendara dapat melakukan akselerasi di area yang tidak rata dengan nyaman.

Berbeda dengan bagian depannya, sistem monoshock unitrack digunakan untuk suspensi bagian belakang. Walaupun harganya murah, namun bukan berarti keselamatan tidak diutamakan. Hal ini dapat terlihat dari adanya rem cakram yang ditanamkan baik di depan maupun belakang.

7. Yamaha WR155R

Tidak ada kata terlambat dalam melakukan invasi pasar. Sepertinya hal inilah yang diterapkan oleh Yamaha. Sebab, meskipun terbilang paling bontot masuk dalam bursa motor trail, setidaknya pabrikan ternama ini menyajikan sebuah motor yang tak kalah dengan pesaing pendahulunya.

Baca Juga   Guys, Ini Penting Buat Anda! Daftar Lengkap Harga Mobil yang Dapat Diskon PPnBM

Motor trail kebanggaan yang menjadi salah satu rekomendasi para bikers ini memiliki kapasitas mesin sebesar 150 cc. Dengan kapasitas sebesar itu, mesin yang menggunakan transmisi 6 percepatan manual ini mampu menghasilkan torsi puncak sebesar 14,3 Nm. Sedangkan power yang dihasilkan dari dapur pacunya dapat menembus 16,7 PS.

Salah satu kelebihan yang membuat motor ini mampu melibas KLX 150 besutan Kawasaki dan CRF150L milik Honda adalah penggunaan teknologi katup variabel yang mampu memberikan hasil maksimal pada putaran mesin baik atas maupun bawah.

Walau memiliki banyak kelebihan, namun motor trail satu ini juga memiliki kekurangan. Salah satunya adalah bobot rangkanya yang berat. Bahkan bisa dikatakan motor ini merupakan yang paling berat di antara kompetitornya, yaitu sekitar 134 kg. Selain itu, harga motor trail ini juga disebut lebih mahal dibandingkan dengan pesaing-pesaingnya, yaitu bisa mencapai 37 jutaan.

8. Honda CRF250L

Siapa yang tidak kenal dengan nama besar Honda? Pabrikan asal negeri sakura ini tentunya sudah menjadi andalan dalam mengeluarkan motor-motor berkualitas. Untuk urusan motor trail, pabrikan pesaing ketat dari Yamaha dan Suzuki ini mengeluarkan Honda CRF250L.

Sesuai dengan namanya, motor ini memiliki kapasitas mesin hingga 250 cc. Dengan cc sebesar ini maka sudah bisa dipastikan performanya ketika melibas medan berat ketika kendaraan dibawa ke area off-road.

Kelebihan dari motor bermesin 4 tak ini adalah perbandingan kompresinya yang bernilai 13,5 : 1. Selain itu, kerangka motor berpendingin cairan ini sangat kokoh dengan kaki-kaki yang gagah. Untuk bisa menikmati semua kelebihan yang ditawarkan Honda CRF250L, kamu hanya perlu menyiapkan dana sekitar 40 jutaan saja.

Jika dilihat dari daftar di atas, dominasi motor trail terbaik dan termurah masih diduduki oleh Kawasaki. Pilihan jenis motor yang beragam, membuat konsumen tidak bingung dalam menentukan motor terbaik mereka. Namun, motor trail yang dikeluarkan pabrikan Yamaha, Viar, Suzuki dan Honda juga menjadi pesaing sengit yang harus dipertimbangkan. ***

 

  • Share