Profil Provinsi Nusa Tenggara Barat

Avatar Of Teddy Chaniago
3. Cidomo | Buliran.com

MUSA TENGGARA BARAT (disingkat NTB) adalah sebuah provinsi di Indonesia yang berada di bagian Barat Kepulauan Nusa Tenggara. Kota Mataram didaulat sebagai ibu kota daerah ini. Secara administrasi, Nusa Tenggara Barat memiliki 10 Kabupaten dan 2 Kota, termasuk kota Mataram. Pada tahun 2020, penduduk Nusa Tenggara Barat berjumlah 5.320.092 jiwa, dengan kepadatan 264 jiwa/km2.

3. Ntb | Buliran.com

Pada awal kemerdekaan Indonesia, wilayah ini termasuk dalam wilayah Provinsi Sunda Kecil yang beribu kota di Singaraja. Kemudian, wilayah Provinsi Sunda Kecil dibagi menjadi 3 provinsi: Bali, Nusa Tenggara Barat, dan Nusa Tenggara Timur. Dua pulau terbesar di provinsi ini adalah Lombok yang terletak di barat dan Sumbawa yang terletak di timur.

Sebagian besar dari penduduk pulau Lombok berasal dari suku Sasak, sementara suku Bima (suku Mbojo) dan suku Sumbawa merupakan kelompok etnis terbanyak di pulau Sumbawa.

3.1 Ntb | Buliran.com

Geografis

Nusa Tenggara Barat terdiri dari Pulau Lombok dan Pulau Sumbawa, memiliki luas wilayah 20.153,15 km2. Terletak antara 115° 46′ – 119° 5′ Bujur Timur dan 8° 10′ – 9 °g 5′ Lintang Selatan. Selong merupakan kota yang mempunyai ketinggian paling tinggi, yaitu 148 m dari permukaan laut, sementara Raba terendah dengan 13 m dari permukaan laut.

Nusa Tenggara Barat di sebelah utara, berbatasan dengan laut Jawa dan laut Flores. Di sebelah timur, Selat Sape dan Provinsi Nusa Tenggara Timur. Sementara di bagian selatang membentang Samudra Hindia serta Selat Lombok dan Provinsi Bali di bagian barat.

Baca Juga   Profil Kota Depok