Pembangunan RTLH Butuh Swadaya Masyarakat

  • Share

BuliranNews, DEPOK – Tahun anggaran 2021 ini, Kecamatan Sawangan, Kota Depok, Jawa Barat, kebagian sebanyak 74 titik untuk program Rumah Tidak Layak Huni (RTLH). Jumlah tersebut, tersebar di tujuh kelurahan yang ada di penjuru Kecamatan Sawangan.

Seperti halnya wilayah lain di Kota Depok, anggaran yang dikucurkan untuk program RTLH itu sama yaitu Rp 23 juta. Perinciannya, Rp 15 juta untuk bangunan, Rp 5 juta untuk pengadaan jamban dan sisanya sebanyak Rp 3 juta diperuntukkan untuk upah tukang.

Terkait besaran upah tukang yang sangat kecil, Camat Sawangan, Anwar Nasihin berharap ada campur tangan masyarakat untuk mengatasinya.

“Saya berharap, pembangunan RTLH itu bisa dilaksakana secara swadaya dengan melibatkan warga sekitar yang tentunya dikoordinatori oleh ketua lingkungan. Sebab, tanpa swadaya tentulah anggaran yang disediakan tidak cukup,” ujarnya serius.

Selain itu, solusi lain yang perlu dilakukan menurut mantan Plt Camat Tapos ini adalah adanya subsidi silang dari warga yang kebetulan memiliki kelebihan reski terhadap tetangganya yang menjadi penerima manfaat dari program RTLH itu.

“Sesuatu yang berat akan ringan jika dilaksanakan bersama-sama, begitu juga dengan program RTLH ini. Sebab, penerima manfaat dari program RTLH adalah warga yang benar-benar sangat membutuhkan,” ucapnya. (ted)

Baca Juga   Dokumen Kesehatan Palsu Dibawa 31 Penumpang Pelabuhan Baubau
  • Share