Smartphone Android Anda Lelet? Begini “Reparasi” Mudahnya

  • Share

SMARTPHONE Android Anda sudah berumur cukup lama? Ternyata ada cara untuk membuatnya terasa seperti smartphone baru. Mulai dari mengubah penampilan atau sekedar menghapus aplikasi yang tidak digunakan lagi oleh Anda.

Laman CNet membagikan cara untuk membuat HP Android lebih baru, dikutip Selasa (16/11:

1. Hapus Aplikasi yang Tidak Dipakai

HP pasti berisi banyak aplikasi dari media sosial, pesan singkat, game atau email. Namun dari banyaknya aplikasi itu biasanya kita hanya menggunakan beberapa saja. Coba mulai melihat ke ponsel dan mulai hapus semua atau beberapa aplikasi yang tidak digunakan lagi.

Bukan hanya pada aplikasi yang menghabiskan penyimpanan, namun juga berpotensi mengakses informasi pribasi atau izin yang telah disetujui saat aplikasi pertama kali dipasang.

Cara menghapusnya bisa dengan menekan lama aplikasi. Namun jika tidak ada opsi delete bisa melalui Play Store dan melihat aplikasi apa saja yang sudah diinstall HP.

2. Kosongkan Lebih Banyak Storage

Setelah menghapus aplikasi lama, kosongkan lebih banyak ruang. Yakni dengan melihat file yang tersimpan di ponsel Android, bisa dari file yang didownload hingga GIF yang dikirimkan oleh teman.

Masuk ke app drawer lalu ke menu files. Berikutnya cek folder Downloads, Anda bisa mulai dari sana untuk menghapus file yang tidak diinginkan atau memindahkan seperti ke Google Drive.

3. Pengaturan Home Screen

HP Android memungkinkan penggunaannya untuk menyesuaikan seluruh tampilan ponsel tergantung selera. Dari memasang sepaket ikon hingga mengubah peluncur yang digunakan.

Anda bisa mulai dengan melihat di menu Pengaturan Home Screen pada HP untuk mulai mendesain tampilan layar Anda.

Selain itu juga bisa mengatur grid dari ukuran 4×5 menjadi 5×5, yang mungkin memberikan sedikit perubahan.

Baca Juga   Menarik Emas Fisik lewat Aplikasi Dana eMas, Begini Caranya

4. Ubah Pengaturan HP

Untuk membuat HP menjadi terasa baru, inilah saatnya mengubah pengaturan. Mulai dari mengaktifkan mode gelap, serta menghentikan ikon aplikasi agar tidak secara otomatis muncul di Home Screen.

5. Menu Keamanan

Terakhir, Anda bisa mengecek pengaturan privasi. Yakni dengan membuka Pengaturan lalu klik Privacy > Permission Manager.

Masuk ke seluruh kategori untuk melihat aplikasi mana saja yang memiliki akses ke data pribadi. Jika ada yang mengakses lokasi dan Anda tidak menginginkannya bisa segera menonaktifkannya. ***

  • Share