Motor-Motor Irit Mesin di Indonesia

  • Share

SUDAH sejak lama jika kami melakukan pengujian terhadap motor baru, salah satu parameter yang wajib dites adalah konsumsi bahan bakar.

Tentunya ini untuk mengetahui seberapa irit konsumsi bahan bakar motor, saat dipakai untuk aktifitas harian, bukan berdasarkan klaim pabrikan.

Metode pengetesan dilakukan dengan cara full to full. Nantinya bahan bakar yang terpakai akan dibagi dengan jarak yang sudah ditempuh.

Pengukuran dilakukan sebanyak tiga kali, kemudian diambil konsumsi bahan bakar rata-ratanya supaya lebih valid.

Selama pengetesan juga dilakukan dengan rider yang punya bobot mirip, dan melewati jalanan perkotaan yang ramai dengan rute sama.

Cara membawa motornya juga normal, bukan seperti lomba irit-iritan yang buka gas halus, dan badan sampai merunduk.

Kalau ketemu jalanan sepi motor akan dipacu lebih cepat, kalau jalanan padat pastinya akan lebih sering buka tutup gas.

Ini kami rekomendasikan buat kalian, sepeda motor irit bensin yang mengaspal di Indonesia :

1. Honda Genio

Paduan rangka eSAF (enhanched smart architecture frame) yang ringan, jadi salah satu faktor kenapa Honda Genio bisa irit.

Rangka Genio terbuat dari pelat baja yang dicetak lalu dilas pakai las laser. Metode pembuatan rangkanya persis membuat sasis monokok pada mobil.

Kemudian mesin yang diusungnya eSP generasi terbaru, dengan karakter mesin over stroke, yang memang diset mengejar konsumsi bahan bakar sangat irit.

Paduan sasis ringan dan mesin barunya itu, membuat skutik ini mampu mencapai angka 51,3 km/liter untuk konsumsi bahan bakarnya.

2. Honda All New BeAT

Skutik terlaris ini pakai basis dari Honda Genio, baik rangka eSAF juga mesin eSP terbarunya. Maka wajar jika masuk 10 motor teririt.

Baca Juga   Buliranlovers, Begini Lhoi Cara Utak-Atik V-Belt Skuter Matik

Ditambah bodi yang ramping, hambatan angin jadi lebih rendah. Konsumsi bahan bakar Honda All New BeAT kalah tipis dari Honda Genio, yakni 51 km/liter.

3. Honda Revo X

Motor bebek sudah sangat sedikit populasinya, tapi bukan berarti pabrikan enggak memberi update terbaru loh, salah satunya Honda dengan Revo X.

Motor bebek kelas bawah ini masih banyak dipakai untuk motor home delivery, karena mesinnya bandel dan irit. Konsumsi bahan bakarnya tercatat 50,2 km/liter.

4. All New Honda CB150 Verza

Motor sport satu ini dibuat untuk kelas pekerja, membawa barang berat atau pun riding jauh dengan nyaman.

Basis mesin dari Honda Megapro yang terkenal irit. Kapasitasnya 150 cc, tapi bisa mendapatkan angka 49,4 km/liter untuk konsumsi bahan bakarnya.

5. Suzuki Nex II

Satu lagi skutik low entry, tapi kali ini dari Suzuki yakni Nex II. Punya desain sporty, ramping dan bobotnya ringan banget.

Mesin 113 cc berteknologi SEP (Suzuki Eco Performance) yang diusungnya, mampu catatkan konsumsi bahan bakar dengan angka 48,8 km/liter.

6. All New Honda Scoopy

Satu-satunya skutik 110 cc Honda yang belum pakai sasis dan mesin baru nih, jadinya punya mesin responsif untuk berakselerasi.

Tenaga dan torsi tersedia di putaran bawah sampai tengah, bikin pengguna enggak perlu buka gas lebih besar. Hasilnya konsumsi bahan bakar bisa 48,7 km/liter.

7. Suzuki Adress Playful

Ini salah satu produk unggulan Suzuki untuk pasar ekspor sob. Bodinya lumayan ramping tapi punya bagasi besar.

Basis mesinnya sama dengan Nex II yakni 113 cc dengan teknologi SEP (Suzuki Eco Performance), makanya bisa melaju sejauh 47,9 km untuk satu liter bahan bakar.

Baca Juga   Guys, Anda Butuh Mobil? Catat, Ini 10 Deretan Kendaraan Bekas Berbajet 30 Jutaan

8. Yamaha Mio S

Mengusung mesin yang sama dengan keluarga skutik 125 cc Yamaha lain seperti Mio M3 dan X-Ride, tapi punya bodi ramping dan bobot ringan.

Teknologi mesin Blue Core alias inti biru, bikin konsumsi bahan bakarnya sampai 46,1 km/liter, irit walau kapasitas mesin lumayan besar.

9. Honda PCX Hybrid, Yamaha R15 dan Yamaha Vega Force

Kok banyak banget? Ya karena hasil konsumsi bahan bakar ketiganya identik sob, 46 km/liter.

Untuk Honda PCX Hybrid, assist dari motor listrik saat berakselerasi bikin rider enggak perlu buka gas besar untuk melesat.

Yamaha R15 yang pakai mesin 155 cc SOHC disokong katup variable VVA, menjaga performa mesin stabil dari bawah sampai atas.

Kalau Yamaha Vega Force, termasuk bebek low end yang punya ciri khas mesin responsif diputaran bawah dan diset untuk hemat bahan bakar.

10. Honda Vario 125

Jika bosan pakai skutik low end, banyak yang naik kelas dengan Honda Vario 125 ini, maka populasinya termasuk banyak dipakai ibu-ibu loh.

Mesin 125 cc eSP yang diusungnya memang dikenal irit dan bandel. Performanya pun pas untuk segala aktifitas. O iya, konsumsi bensinnya 45,1 km/liter.***

  • Share