Buto Ijo? Gak Usah Takut, Ini Es Segar Jawa Timuran

  • Share

MENCARI minuman legendaris yang segar dan lezat khas Jawa Timuran? Gak usah khawatir. Namanya Es Buto Ijo. Lah, kok namanya serem? Walau namanya serem, namun meminum es ini dijamin segar dan mengembalikan kebugaranmu.

Minuman segar khas Jawa Timur itu memang dinamakan es buto ijo. Jika mendengar kata buto ijo, yang Anda bayangkan adalah sosok raksasa hijau berbadan besar. Tapi, es buto ijo ini terlihat menggoda dan menyegarkan.

Es Buto Ijo merupakan sajian manis yang berasal dari Kediri. Es buto ijo sempat viral karena namanya yang memang aneh. Memang kalau ada makanan dan minuman yang memiliki nama aneh akan viral diburu masyarakat.

Minuman ini disebut sebagai es buto ijo karena memiliki isian yang didominasi oleh warna hijau. Minuman ini hadir dengan porsi besar diisi kacang hijau dan sirup melon.

Es Buto Ijo terbuat dari campuran serutan kelapa muda, selasih, mutiara, rumput laut, kolang-kaling, dan kacang hijau. Isian ini kemudian ditambahkan sirup melon, susu kental manis, dan es serut.

Anda bisa mengambil wadah terlebih dahulu, lalu masukkan nata de coco, sagu mutiara, biji selasih dan kacang hijau sambil diaduk sampai merata. Kemudian masukkan daging kelapa yang sudah dikikis sambil diaduk kembali hingga tercampur rata.

Selanjutnya, tuangkan sirup melon, susu kental manis, dan tambahkan es batu. Sajikan es buto ijo dalam mangkuk dan dalam keadaan dingin. Dijamin melegakan tenggorokan setelah seharian menahan haus.***

 

 

Baca Juga   Segarnya Es Tji Mei Manado
  • Share