Sandiaga, AHY, RK, Risma Bisa Jadi Capres Alternatif

  • Share

BuliranNews, JAKARTA – Politika Research and Consulting (PRC) dalam survei terbarunya menyoroti soal calon presiden alteratif di luar nama Prabowo Subianto, Ganjar Pranowo, dan Anies Baswedan. Hasilnya nama-nama lain seperti Sandiaga Uno berpotensi menjadi capres alternatif.

“Sandiaga Uno, nyaris pascapilpres 2019 dia tidak punya tempat bermain. Sampai akhirnya dia dilantik menjabat menteri pariwisata. Kita lihat aktivitas Sandiaga Uno, hampir setiap saat melakukan kegiatan keliling nusantara untuk memajukan pariwisata di Indonesia. Itu satu tempat bermain yang mengasyikkan tentunya buat politisi seperti Sandiaga Uno,” kata Direktur Eksekutif Politika Research and Consulting (PRC), Rio Prayogo.

Rio mengatakan, posisi Sandiaga Uno sebagai menparekraf berpengaruh terhadap elektabilitas Sandiaga. Terbukti dalam survei terbaru, elektabilitas Sandiaga mengalami peningkatan dibanding survei tahun lalu.

“Ini menunjukkan bahwa kandidat atau figur yang ingin bertarung di dalam Pilpres 2024 dia harus punya tempat bermain. Tempat bermain Ganjar adalah gubernur. Tempat bermain Prabowo selain otoritasnya sebagai ketua partai dia juga sebagai menteri. Tempat bermain Anies adalah gubernur,” ujarnya.

Selain Sandiaga, nama lain yang juga berpotensi menjadi capres alternatif antara lain Agus Harimurti Yudhoyono (AHY), Ridwan Kamil (RK), dan Tri Rismaharini. Dalam survei terbaru simulasi 21 nama, elektabilitas Sandiaga sebesar 7,0 persen, AHY 4,5 persen, RK 4,3 persen, dan Tri Rismaharini 3,2 persen.

“PRC menilai kandidat inilah yang jadi potensi sebagai calon alternatif,” ucapnya.

Untuk diketahui survei dilakukan sejak 8 Oktober 2021-4 November 2021. Survei tersebut menggunakan metode multistage random sampling dengan melibatkan 1.220 responden yang tersebar di 34 provinsi dan 122 kabupaten/kota. Margin of error sebesar 2,9 persen dengan tingkat kepercayaan 95 persen. (*/rep)

Baca Juga   Anasir yang Ingin Memecah Demokrat, Tak Akan Bisa Menggulingkan AHY
  • Share