Hehancang Tehung, Sensasi Pedas Kuliner Rumahan

  • Share

HEHANCANG tehung tidak banyak masyarakat Indonesia yang mengetahui nama ini. Terdengar begitu asing sekaligus tidak menyangka kalau hehancang tehung merupakan jenis masakan tradisional.

Kabupaten Lahat lah asal dari masakan hehancang tehung. Daerah yang dipimpin oleh Aswari Rivai tersebut memang banyak memiliki jenis kuliner yang jarang diketahui oleh masyarakat Indonesia luas. Padahal cita rasanya begitu unik dan lezat disantap.

Tidak seterkenal pempek Palembang memang, namun tidak berarti hehancang tehung tidak mempunyai keistimewaan. Bila Anda mengunjungi Lahat, hehancang tehung tidak akan mudah ditemukan. Pasalnya, masakan ini tidak seperti pempek yang banyak dijajakan

Hehancang tehung hanya dihidangkan di rumah-rumah penduduk asli. Biasanya masakan warisan nenek moyang tersebut disajikan jika ada sanak keluarga yang baru pulang dari rantauan atau pada acara-acara besar seperti pameran atau lomba kuliner.

Agar lebih terasa nikmatnya hehancang tehung, santaplah bersama-sama di saung yang berada di ladang tani. Rasa khas hehancang tehung akan menggoyangkan lidah Anda dan membuat keringat mengucur dari kepala.

Namun, sayangnya, hehancang tehung tidak tersedia penjual yang menjajakannya. Maka, pilihan alternatifnya selain membuat sendiri di rumah, Anda bisa meminta tolong warga penduduk asli Lahat untuk membuatkan hehancang tehung. ***

 

Baca Juga   Oblok Tongki, Kuliner Khas di Timur Jakarta
  • Share