Cara Aman Membeli Handphone Secara Online

  • Share

ERA digital membawa banyak dampak positif pada kebiasaan, termasuk saat berbelanja, dimana hadirnya online shop dan marketplace sangat memudahkan Anda yang ingin membeli sebuah barang.

Tidak perlu keluar rumah dan hanya tinggal duduk manis saja, maka barang yang Anda beli akan diantar langsung ke alamat Anda. Mudah, praktis, dan efisien.

Beli handphone online menjadi salah satu yang digemari oleh konsumen, tidak terkecuali di Indonesia. Disamping kemudahan untuk memilih hp yang dibutuhkan, beli hp online sangat memudahkan, terlebih jika tinggalnya jauh di pelosok daerah.

Tips Beli Hp Online Aman

Dulu, calon pembeli harus mendatangi sebuah sentra penjualan hp dan mengelilingi pusat perbelanjaan untuk mencari tipe hp yang diinginkan, ditambah melakukan aktivitas tawar menawar yang melelahkan.

Dengan adanya tren belanja online, aktivitas tersebut mulai ditinggalkan, dimana calon konsumen hanya tinggal memanfaatkan gadget atau desktop untuk mencari sebuah hp, kemudian melanjutkan transaksi melalui salah satu online shop terbaik dengan memilih metode pembayaran dan pengiriman yang sesuai keinginan pembeli.

Akan tetapi, ada sejumlah pertimbangan yang perlu dilakukan, terlebih jika Anda baru pertama kali beli handphone online. Untuk menghindari penipuan saat belanja online, ada baiknya menyimak tips cerdas beli hp online dan perbandingan belanja di berbagai online shop di bawah ini.

Jika ingin aman dan tidak ingin tertipu saat beli online, sebaiknya ikutin tips-tips di bawah ini:

1. Kenali Reputasi Toko atau Seller

Tips cerdas beli hp online yang pertama adalah kenali reputasi dan biografi seller, pasalnya online shop dan marketplace di Indonesia saat ini tumbuh dengan pesat.

Beberapa diantaranya bahkan menawarkan harga hp di bawah pasaran, tentu saja membuat siapapun tertarik untuk melakukan pembelian.

Namun, Anda jangan terkecoh mengenai penawaran harga. Anda wajib melakukan pengecekan terkait reputasi situs tersebut agar mendapatkan produk hp yang sesuai keinginan dan harapan, juga melindungi transaksi dengan sistem keamanan yang terjamin.

Di sini, Anda wajib memilih online shop terbaik yang memiliki reputasi positif dalam segi pelayanan, menyediakan produk yang benar-benar asli sesuai deskripsi, baik itu produk hp bekas ataupun baru.

Reputasi tersebut berlaku juga untuk penyelesaikan keluhan dari pelanggan, baik dari segi pengiriman, garansi atau layanan lain yang sifatnya memberikan rasa nyaman dan aman pada pelanggan, misalnya call center yang mudah dihubungi dan alamat online shop yang jelas.

Jangan lupa, cek lokasi toko dari seller, lebih baik jika seller tersebut memiliki toko fisik sehingga akan lebih mudah untuk klaim garansi, dimana beberapa seller ada juga yang memberikan garansi personal.

2. Jangan Takut untuk Bertanya

Alangkah lebih baik jika Anda beli hp online melalui Online Shop yang mengizinkan seller dan pembeli melakukan interaksi. Di sini, Anda bisa menanyakan segala macam hal pada seller terkait barang yang diincar.

Selain itu, interaksi dengan seller akan memudahkan Anda untuk menyelesaikan komplain bila terjadi kesalahan pada saat pengiriman, atau bila barang yang diterima rusak.

Ketimbang mengandalkan pengelola marketplace untuk menyampaikan keluhan, interaksi langsung dengan seller bisa mempercepat penyelesaikan masalah, mempersingkat waktu Anda untuk menyelesaikan transaksi yang sudah dilakukan.

Beberapa marketplace terbaik mengizinkan hal ini, ditandai dengan adanya fitur diskusi pada laman penjualan, fitur pertanyaan umum, fitur message, bahkan ada pula Online shop yang memiliki fitur chat sehingga bisa mengajukan pertanyaan secara real-time.

Baca Juga   Tips Liburan di Pantai Selama Pandemi Corona

3. Bandingkan Fitur dan Harga

Saat ingin beli hp online dengan harga murah, tentu saja kemudahan untuk menentukan hp akan jauh lebih mudah ketimbang membelinya di toko offline.

Di sini, Anda bisa menentukan harga hp sesuai anggaran, spesifikasi hp sesuai kebutuhan dan garansi hp sebagai layanan purna jual.

Sebelum menentukan sebuah tipe dan merek hp, ada baiknya Anda melakukan perbandingan antar hp sehingga tidak menyesal di kemudian hari, serta bisa mendapatkan hp terbaik secara online dengan kualitas dan sesuai keinginan.

Anda bisa membandingkan spesifikasi hp di Pricebook, kemudian menyesuaikannya dengan apa yang menjadi kebutuhan, misalnya gaming, fotografi, kinerja baterai, konektivitas, desain dan layar.

Selain bisa membandingkan spesifikasi hp, Anda pun bisa membandingkan harga jual sebuah hp dengan mengakses Pricebook.

Di sini, Anda bisa menentukan online shop dan market place mana yang menjual hp yang diinginkan dengan penawaran harga termurah.

4. Belanja Melalui Aplikasi Resmi

Tidak hanya memungkinkan konsumen transaksi melalui website, beberapa online shop kini membuat aplikasi mobile untuk mendukung kemudahan konsumen untuk bertransaksi melalui hp tanpa harus membuka desktop atau laptop.

Akan tetapi, Anda diwajibkan beli hp secara online melalui aplikasi resmi yang dimiliki online shop, bukan aplikasi buatan pihak ketiga agar melindungi data pribadi Anda dari pihak-pihak tidak bertanggung jawab.

Selain itu, beli hp online melalui aplikasi mobile terkadang harganya sedikit lebih murah daripada membelinya lewat website karena beberapa marketplace menyediakan kode voucher diskon yang hanya bisa diaplikasikan melalui aplikasi mobile.

5. Cek Ketersediaan dan Kelengkapan Barang

Mengecek ketersediaan barang perlu Anda lakukan agar pengiriman bisa dilakukan dengan cepat. Anda bisa menanyakan langsung atau melihat jumlah stok barang yang biasanya ditampilkan pada halaman penjualan.

Mengingat saat ini banyak sekali penjual yang statusnya sebagai reseller, maka tentu saja ketersediaan barang tersebut bergantung pada pemasok.

Selain itu, beberapa marketplace terbaik di Indonesia juga mengadakan sistem pre-order untuk produk-produk hp keluaran baru.

Jika Anda ingin melakukan pemesanan, perhatikan tanggal pengiriman yang dijanjikan agar mengetahui estimasi waktu sampainya barang ke tangan Anda.

Disamping mengecek ketersediaan, Anda pun wajib mengetahui kelengkapan hp yang ingin dibeli. Jika membeli produk baru, pastikan Anda mengetahui kelengkapan standar apa saja yang diberikan produsen, hal ini bisa Anda ketahui dengan melihat video unboxing hp yang ada di YouTube.

Sebagai pembeli, tentu saja Anda berhak mendapatkan kelengkapan yang sesuai, tidak ada yang dikurangi oleh seller. Untuk Anda yang ingin membeli produk hp bekas, Anda perlu mengetahui kelengkapan dan keaslian yang diberikan oleh seller.

Standarnya, hp bekas ex-garansi yang lengkap memiliki dus hp yang sesuai dengan IMEI mesin, adaptor dan kabel data original bawaan, buku manual dan headset original bawaan.

6. Cek Deskripsi Barang dengan Jelas

Deskripsi hp perlu Anda ketahui dengan jelas sebelum melakukan pembelian hp secara online. Hal ini dikarenakan sebuah produk bisa memiliki spesifikasi berbeda-beda yang harus diketahui sejak awal sebelum keputusan pembelian.

Baca Juga   Anda Tertipu Belanja Online? Begini Cara Melaporkannya

Dengan membaca deskripsi pada sebuah iklan hp, Anda bisa mengetahui detail spesifikasi yang ditawarkan, pastikan bahwa hal tersebut sudah sesuai dengan produk yang Anda inginkan, juga sesuai dengan harga yang harus dibayarkan.

Perbedaan spesifikasi perlu Anda ketahui sedari awal untuk memastikan Anda mendapatkan produk yang sesuai harapan. Selain itu, cek juga garansi hp pada deskripsi iklan, apakah hp yang akan dibeli dilindungi garansi resmi atau hanya garansi distributor saja.

7. Bijak Menggunakan Voucher

Saat ingin berbelanja hp secara online, carilah toko online yang memperbolehkan penggunaan voucher potongan harga. Dengan menggunakan voucher, tentunya Anda bisa membeli sebuah hp dengan harga total harga yang jauh lebih ekonomis.

Dengan memanfaatkan website pembanding harga seperti Pricebook, Anda yang sudah memiliki kriteria hp tertentu bisa memilih produk dengan harga terendah dari marketplace yang memperbolehkan penggunaan voucher. Kemudian, aplikasikan kode voucher potongan harga untuk melihat harga akhir yang harus dibayar.

Voucher potongan harga untuk dipakai saat checkout di sebuah marketplace cukup mudah didapatkan. Anda bisa membuka situs yang khusus menginformasikan diskon dan voucher, kemudian menggunakan kode voucher dengan total diskon terbesar.

Beberapa toko online terbaik diantaranya rutin membagikan voucher melalui channel socail media resmi dari mereka. Ada pula yang menampilkannya langsung pada website, mengharuskan Anda untuk mendownload voucher tersebut atau mengaplikasikan kode saat checkout.

Dengan lebih bijak menggunakan voucher, Anda bisa mendapatkan keuntungan karena berbelanja online dengan harga murah. Untuk itu, selalu perhatikan penawaran voucher saat ingin membeli sebuah barang.

8. Perhatikan Event Kalender Promo

Musim promo adalah waktu yang pas untuk belanja hp online murah. Pada musim ini, Anda bisa membeli hp dengan harga jauh lebih murah karena biasanya marketplace atau online shop memberikan potongan diskon dengan nilai besar.

Sejauh ini, ada beberapa musim promo yang biasa dilangsungkan oleh beberapa marketplace terbaik Tanah Air, misalnya Hari Belanja Online Nasional (HarBolNas) yang rutin diadakan setiap tanggal 12 Desember.

Selain event tahunan yang diadakan serentak oleh banyak toko online terbaik, tiap-tiap marketplace seringkali mengadakan event promo misalnya saat memperingati ulang tahun atau hari besar di Indonesia. Dalam hal ini, Anda tentu harus memanfaatkannya agar bisa beli hp online dengan harga lebih murah.

Mengenai jadwal event yang diadakan masing-masing marketplace tentu saja konsumen harus mengetahuinya jauh-jauh hari agar bisa menyiapkan budget.

Untuk lebih mudah, Anda bisa berlangganan newsletter setiap online shop terbaik yang akan dijadikan tempat berbelanja agar mendapatkan informasi promo lebih awal atau mengikuti salah satu channel jejaring sosial media.

9. Pilih Metode Pembayaran yang Paling Nyaman

Metode pembayaran yang disediakan oleh sebuah online shop sangatlah variatif. Beberapa diantaranya menawarkan metode pembayaran dengan kartu debit, transfer bank, kartu kredit, kredit tanpa kartu kredit (beli hp online kredit) bahkan cash on delivery (COD) yang memungkinkan Anda membayar sewaktu barang diterima.

Setiap metode pembayaran tentu saja memiliki kekurangan dan kelebihan masing-masing. Untuk kartu debit dan transfer bank, biasanya mengharuskan Anda melakukan verifikasi secara manual.

Terlebih beberapa bank saat ini belum memiliki layanan internet dan SMS banking sehingga Anda perlu pergi ke ATM atau teller untuk menyelesaikan transaksi.

Baca Juga   Mau Download Video YouTube di Laptop? Begini Caranya

Sementara itu, kartu kredit mengharuskan Anda untuk mengisi nomor kartu kredit, tanggal kadaluarsa kartu, kode keamanan dan data pribadi lain.

Dalam hal ini, tentu saja Anda diharuskan untuk selalu waspada dengan membuka situs dengan laman transaksi yang memiliki awalan HTTPS seperti penjelasan di atas, menggunakan anti virus dan hindari menggunakan Wi-Fi publik sehingga lebih aman dari pencurian data.

Sejumlah marketplace juga menyediakan metode pembayaran secara kredit (beli hp online kredit) tanpa harus menggunakan kartu kredit. Hal ini memang sangat memudahkan Anda yang ingin memiliki hp tertentu namun belum cukup dana dan tidak memiliki kartu kredit.

Kendati begitu, Anda tetap harus mempertimbangkan suku bunga yang diberlakukan. Metode pembayaran terakhir yang populer di Indonesia adalah Cash on Delivery atau COD. Metode pembayaran ini memberikan keuntungan lebih pada konsumen karena bisa menghindari penipuan.

Namun, metode pembayaran COD belum mencakup banyak daerah di Indonesia, umumnya hanya berlaku di kota-kota besar saja.

10. Pilih Metode Pengiriman Terbaik

Memilih metode pengiriman atau shipping merupakan tahap akhir yang akan Anda lakukan saat beli hp online di sebuah online shop terbaik pilihan Anda.

Di sini, Anda bisa memilih berbagai jasa ekspedisi yang sudah bekerjasama dengan marketplace dengan biaya yang berbeda dan layanan yang juga berbeda.

Sebagai pertimbangan dalam memilih metode pengiriman, Anda bisa melihat ketersediaan jalur komunikasi dari masing-masing ekspedisi, pilih yang paling mudah dihubungi sehingga tidak menyulitkan Anda saat terjadi masalah dalam proses pengiriman.

Selain itu, Anda pun bisa menyesuaikan tarif yang ditawarkan sebuah ekspedisi. Jika ingin murah, Anda bisa memilih tarif reguler yang biasanya memakan waktu pengiriman cukup lama.

Jika hp yang Anda beli sifatnya urgent, Anda bisa memilih tarif one day service yang tentu saja dua kali lipat lebih mahal daripada tarif reguler.

Saat ini, beberapa toko online terbaik menawarkan layanan one day service untuk pembeli yang berada di daerah sama dengan seller. Tak ada salahnya Anda menggunakan jasa seperti Go Send dari Gojek untuk wilayah Jabodetabek agar bisa lebih cepat menerima hp yang dipesan.

Mengenai pengiriman jarak jauh, sebaiknya Anda memilih layanan asuransi tambahan. Tidak ada salahnya pula untuk meminta seller mengirimkan barang dengan tambahan packing kayu, biasanya harganya menjadi dua kali lipat ongkos kirim, akan tetapi hal ini bisa meminimalisir terjadinya kerusakan pada hp selama pengiriman.

Asuransi dan packing kayu memang membuat ongkos kirim menjadi lebih mahal. Jika ingin pesanan lebih aman, tidak ada salahnya untuk memilih dua hal tersebut.

Agar lebih irit lagi, carilah toko online terbaik yang memberikan subsidi pengiriman sehingga Anda tak perlu membayar lagi ongkos kirim, sementara pesanan hp sampai dengan aman dan selamat.

Sudah Siap Beli Hp Baru?

Kesepuluh tips beli hp online di atas wajib diperhatikan, terutama bagi yang baru pertama kali melakukan belanja online, agar tidak mudah ketipu dengan seller-seller nakal.

Dengan mengikuti tips tersebut, Anda bisa beli hp online aman tanpa khawatir tertipu, dan tentu saja jadi lebih mudah untuk mendapatkan produk-produk yang diinginkan. Nah, selamat berbelanja! ***

  • Share