Kue Lumpang, Si Legit dari Lahat

  • Share

DARI sekian banyak jenis kue basah tradisional, terdapat satu kue khas Palembang yang manis legit. Bernama kue lumpang yang sangat mudah dibuat.

Kue lumpang sebenarnya merupakan jajanan khas dari daerah Lahat yang juga dikenal luas di Kota Palembang. Kue ini, terbuat dari tepung beras. Dinamakan kue lumpang karena memang bentuknya yang menyerupai lumpang atau wadah untuk menumbuk padi, kopi atau biji-bijian.

Kue lumpang sangat mudah dibuat. Apalagi bahan-bahannya yang juga mudah didapat. Seperti 25 gram tepung beras, 100 gram tepung tapioka, 250 ml santan, 5 lembar daun pandan, 3 lembar daun suji, garam secukupnya dan 100 gram gula pasir.

Langkah pertama yang harus dilakukan adalah melarutkan santan, daun suji, daun pandan dan gula pasir dengan cara diblender. Campuran tersebut akan menghasilkan adonan dengan warna hijau pekat.

Kemudian saring adonan berwarna hijau tersebut dan masukkan ke dalam wadah yang berisi tepung tapioka dan tepung beras. Aduk adonan tersebut sampai merata secara keseluruhan sambil diberi garam secukupnya.

Selanjutnya masukkan adonan kue lumpang ke dalam cetakan mungil. Dari takaran yang sudah ditentukan di atas, dapat menghasilkan kue lumpang sebanyak 15 kue. Langkah selanjutnya adalah dengan mengukus adonan tersebut selama sekitar 30 menit.

Kue ini terbilang unik, karena saat proses kukus, adonan kue lumpang akan secara otomatis membentuk lubang di tengahnya. Sehingga ketika matang bentuknya persis seperti lumpang.

Ketika matang, kue lumpang disajikan dengan parutan kelapa yang gurih. Saat digigit teskturnya sangat kenyal dengan rasa manis. Aroma pandan dan daun sujinya juga sangat terasa. ***

 

Baca Juga   Dampo’, Teman Ngopi Spesial Ala Sulawesi
  • Share