Durian Kopi Luwak, Minuman Khas dari Liwa

  • Share

SEDUHAN Kopi Luwak,  tentunya sudah biasa dan menjadi kegemaran banyak orang. Nah, kalau seduhan Durian Kopi Luwak bagaimana? Mungkin banyak dari kita yang bengong mendengar namanya. Padahal, kopi jenis ini, sejak lama telah menjadi minuman khas dan sangat digemari masyarakat Lampung Barat, Provinsi Lampung.

Meskipun durian kopi luwak tergolong tak biasa, namun minuman tersebut selain nikmat juga mampu menghangatkan badan serta memiliki banyak khasiat untuk tubuh.

Durian Kopi Luwak, selain khas pun bercitarasa berbeda dengan seduhan kopi lainnya. Tak hanya kopi yang digunakan dalam minuman ini memiliki cita rasa tinggi, durian yang menjadi temannya pun memiliki rasa yang khas. Sehingga saat keduanya dipadukan, akan mampu memberikan rasa yang beda pada minuman tersebut.

Walaupun Durian Kopi Luwak adalah minuman khas dari Liwa, namun tak setiap saat kita bisa menikmatinya. Sebab, seduhan ini hanya minuman yang sifatnya musiman. Jika musim durian tidak ada, maka dipastikan Durian Kopi Luwak juga tidak akan ditemukan.

Durian Kopi Luwak, menurut warga setempat, dapat menghangatkan tubuh di malam hari. Selain itu juga bermanfaat untuk membangkitkan stamina.

Durian Kopi Luwak yang terdapat di Lampung Barat, diolah menjadi minuman yang berbeda baik cara penyajian juga rasa. Kopi ini diolah masyarakat setempat untuk dijadikan minuman campuran buah durian, sehingga rasa minuman tersebut begitu khas.

Durian Kopi Luwak sejak lama dimanfatkan masyarakat sebagai minuman penghangat tubuh di malam hari, sebab di daerah itu memiliki suhu yang dingin, sehingga saat musim durian, hampir setiap malam masyarakat membuatnya.

Masyarakat Lampung Barat mempercayai bahwa minuman durian kopi luwak berhasiat memulihkan stamina, selain itu mampu memberikan tenaga baru.

Baca Juga   Citarasa Kelas Dunia dari Setiap Tegukan Kopi Pinogu

Durian Kopi luwak yang diseduh menggunakan buah durian mampu menciptakan aroma kopi yang unik, selain itu rasa khas kopi luak dan durian dapat menyatu dan menghasilkan rasa yang berbeda.

Minuman ini biasa disuguhkan pada malam hari, disaat suhu dingin mulai menyerang, selain itu minuman durian kopi luak, dapat ditemui pada saat musim durian seperti saat ini, sedangkan dihari biasa jarang sekali ditemui.

Membuat minuman Durian Kopi Luwak tergolong mudah, hanya menyiapkan kopi luwak dan beberapa biji durian, setelah itu dicampur dengan gula, kemudian diaduk, semakin kental minuman tersebut, maka rasanya pun semakin nikmat. ***

  • Share