Go Internasional, Rupiah Bisa Digunakan di Mancanegara

  • Share

BuliranNews, JAKARTA Masyarakat Indonesia tidak perlu lagi menukar uang rupiahnya dengan mata uang negara lain saat berbelanja di luar negeri. Sebab QRIS akan bisa digunakan di luar wilayah Indonesia.

Perry Warjiyo, Gubernur Bank Indonesia, mengatakan QRIS akan diperluas. Dalam waktu dekat, bank sentral akan melakukan uji coba di Thailand.

“Kita 17 Agustus melakukan uji coba cross border QRIS dengan Thailand,” jelas Perry, Opening Ceremony Bulan Fintech Nasional dan Indonesia Fintech Summit 2021, Kamis (11/11).

Perluasan akses QRIS ini merupakan salah satu dari capaian digitalisasi pembayaran yang telah dilakukan.

Perry menjelaskan sejauh ini sudah ada 12 juta pedagang tanah air yang menggunakan QRIS. Sebagian besar dari jumlah itu adalah UMKM yang tersebar di seluruh provinsi Indonesia.

Selain Thailand, BI juga berencana melakukan penjajakan dengan bank sentral Arab Saudi dan India. Namun, belum disebutkan kapan penjajakan kemungkinan akan dilakukan

Sebelumnya, Asisten Gubernur Kepala Departemen Kebijakan Sistem Pembayaran, Filianingsih Hendarta menjelaskan piloting di Thailand melibatkan 11 Penyedia Jasa Pembayaran yakni Link Aja, Shopeepay, Dana, Bank Mega, dan Bank Mandiri.

Sementara di Thailand, akan bekerja sama dengan Bangkok Bank, Bank of Ayudhya, dan CIMB Thai.

Filianingsih menjelaskan pengembangan QRIS dilakukan dalam tiga tahapan. Pertama dari domestik, cross border ASEAN dan keluar wilayah Asia Tenggara.

Setelah melakukan uji coba Thailand, Malaysia jadi negara berikutnya yang bisa memindai QRIS. Untuk luar wilayah ASEAN, tahapan berikutnya adalah Saudi Arabia.

“Berikut nya sudah ada beberapa negara yang approach kita juga, negara di ASEAN yang berminat juga untuk kerja sama QRIS cross border,” jelas Filianingsih dalam Taklimat Media Peraturan Bank Indonesia secara online, Senin (23/8). (*/cha)

Baca Juga   H Adrijon : Terpanggil Bangun Kampung Halaman Setelah Sukses di Perantauan

 

  • Share