Kimpul, Ikon UMKM Kelurahan Jatijajar

  • Share

BuliranNews, DEPOK – Ada yang unik dan menarik dari ikon UMKM Kelurahan Jatijajar, Kecamatan Tapos, Kota Depok, dimana melalui Kasi Ekbang Kelurahan Jatijajara, Andi Sunardi, tagline “Kumpul Gak Kumpul, Yang Penting Kimpul”.

Kenapa tagline ini menarik, karena Kelurahan Jatijajar, saat ini memang menjadikan tanaman kimpul menjadi primadona UMKM di sana. Dari kimpul dihasilkan kripik kimpul, bolu kimpul, kue lapis kimpul, blueder kimpul hingga es krim kimpul.

“Setelah melakukan pendataan secara menyeluruh dan terperinci di seluruh penjuru Kelurahan Jatijajar, akhirnya kami sepakat untuk menjadikan tanaman kimpul sebagai primadona UMKM di Kelurahan Jatijajar,” kata Andi Sunardi menjelaskan.

Pemilihan kimpul, menurut Andi bukanlah tanpa alasan sama sekali. Dimana dia ingin ikon yang dikemukakan untuk dijadikan branding harus berbeda dengan yang dihasilkan daerah lainnya di Kota Depok.

“Kalau dikedepankan singkong, banyak yang menjadikannya makanan olahan dan ada di banyak tempat, begitupun dengan talas, tempe, tahu dan sebagainya. Namun kimpul, tak ada yang meliriknya untuk dijadikan oleh-oleh,” ucap Andi.

Dari sanalah ide untuk menjadikan kimpul sebagai ikon UMKM Jatijajar muncul. Karena ingin menjadikan kimpul sebagai maskot UMKM khususnya kuliner mudah dikenal ke daerah lain, maka dilahirkanlah tagline sebagaimana tertulis di atas. (ted)

 

Baca Juga   Camat Tapos : Saatnya Setiap RW Miliki Bank Sampah
  • Share