DKA Tempatkan DKI Jakarta dalam 50 Besar Penanganan Covid-19 Terbaik di Dunia

  • Share

BuliranNews, LONDON – Meski di dalam negeri selalu disorot dan dianggap tak cakap dalam penanganan pandemo Covid-19, ternyata DKI Jakarta masuk dalam deretan kota di seluruh dunia yang memiliki respons cepat dalam menangani pandemi Covid-19.

Ini merupakan temuan terbaru yang dipublikasikan Deep Knowledge Analytics (DKA), badan analitik berbasis di London yang memeriksa 114 variabel di lima kategori respons pandemi.

Lima kategori yang dimaksud dalam publikasi DKA adalah ketahanan ekonomi, pemerintahan, perawatan kesehatan, karantina, dan vaksinasi.

Penilaian tersebut diterbitkan pada September lalu dalam laporan setebal 116 halaman berjudul Peringkat Keamanan Kota Covid-19 Q2/2021.

DKI Jakarta sendiri berada di urutan ke 47 dari 72 kota yang disurvei oleh DKA dengan skor 51,43.

Adapun peringkat pertama adalah Abu Dhabi dengan skor 73,16, bahkan tingkat vaksinasi di kota tersebut juga menduduki urutan pertama.

Posisi kedua ditempati oleh Singapura dengan skor 71,69. Negara ini juga masuk dalam peringkat teratas dalam hal ketahanan ekonomi di masa pandemi.

Sementara itu, Seoul berada di posisi ketiga dengan skor 71,41. Ibu kota Korea Selatan itu juga menempati posisi teratas dalam urusan manajemen perawatan kesehatan.

Laporan DKA juga mengungkap bahwa pandemi telah membuat koordinasi yang buruk antara pemerintah pusat dan otoritas kota setempat.

Selain itu, tidak ada kota yang memiliki kapasitas perawatan kesehatan untuk mendukung lonjakan besar penyakit yang disebabkan oleh pandemi. (*/cha)

Baca Juga   22 dari 34 Gubernur Terjerat Korupsi
  • Share