Asap Ngebul dari Knalpot Mobil Anda? Ini Penyebabnya

  • Share

MOBIL merupakan alat transportasi darat yang sudah banyak digunakan oleh semua orang, baik muda maupun tua. Dalam menjalankan perannya mobil memiliki beberapa komponen untuk menunjang kinerjanya, salah satunya yaitu knalpot.

Pada mobil, mesin ini berfungsi sebagai alat untuk pembuangan gas dari hasil metabolisme kendaraan. Mesin tersebut biasanya terletak di bagian belakang bawah bodi mobil. Akan tetapi, sering kali saat pemakaian asapnya mengalami ngebul.

Penyebab Knalpot Mobil Ngebul

Hal pertama yang harus diperhatikan adalah penyebab mobil bisa ngebul. Hal ini karena segala sesuatu tidak mungkin dapat terjadi bila tidak ada penyebab yang memicunya.

Penyebab dari terjadinya ngebul yang pertama adalah pengeluaran emisi oleh mobil dari hasil pembakaran dalam mesin. Hal inilah yang kebanyakan terjadi pada knalpot mobil, dimana dikeluarkan gas dengan kandungan karbon yang tinggi sebagai pemicu polusi udara.

Karbon dari hasil emisi yang dikeluarkan mobil sendiri seharusnya tidak berwarna karena sudah bercampur dengan udara di sekitar. Akan tetapi, terkadang juga ditemukan sisa emisi yang dikeluarkan mobil justru memiliki beberapa warna. Sehingga selain menimbulkan polusi juga menghalangi penglihatan.

Kondisi ngebul sendiri sebenarnya sudah berupa keadaan tidak normal mobil dalam melakukan emisi. Dimana emisi yang wajar dilakukan mobil sebagai bentuk apresiasi setelah terjadinya pembakaran karena perubahan minyak sebagai energi gerak.

Kondisi tersebut tentu akan berbeda apabila mobil tidak memakai bahan bakar minyak. Sehingga dapat dikatakan penyebab ngebul yang berikutnya adalah karena memakai bahan bakar minyak.

Penyebab ngebul selanjutnya adalah terjadinya kebocoran pada oli sehingga menjadikannya akan ikut terbakar bersama bahan bakar. Hal inilah yang terkadang menjadi alasan timbulnya asap dengan warna putih. Terjadinya kondisi ini pun memiliki penyebab awal seperti bocor dari seal.

Baca Juga   Bugatti Royale, Mobil dengan Kekebalan Diplomatik

Kebocoran oli selain dari seal hingga merembes, juga bisa dari gasket kepala dan juga silindernya. Hal ini juga akan memicu munculnya kepulan asap warna putih pada knalpot mobil. Penyebab kerusakan berikutnya, yakni ausnya injektor mesin, PCV sistem dan bagian lainnya.

Kondisi kerusakan komponen-komponen dari salah satu mesin mobil inilah yang nantinya juga bisa menjadi alasan bocornya oli, sehingga timbul kepulan. Maka tidak heran jika mobil yang sudah tua tak lagi ramah lingkungan. Hal ini karena kondisi mesinnya yang sudah banyak lecet.

Akibat knalpot Mobil Ngebul

Beberapa hal yang terjadi dapat ditimbulkan karena terjadinya ngebul sendiri. Hal ini juga penting diperhatikan agar pengendara lebih berhati-hati dalam melakukan segala antisipasi dalam berbagai kemungkinan yang bisa timbul.

Akibat yang pertama tentu saja terjadi kerusakan pada mesin mobil. Hal ini berhubungan dengan beberapa yang telah dibahas sebelumnya. Hal ini adalah jika kondisi ngebul dijadikan sebagai indikator terjadinya kerusakan pada komponen mobil.

Kondisi seperti ini tidak jarang oleh kebanyakan orang dianggap sebagai penyakit mahal yang timbul karena knalpot pada mobil. Selain itu, penyakit ini juga hanya terjadi pada mobil dan penanganannya membutuhkan biaya yang lebih dari perawatan.

Akibat kerusakan yang terjadi mungkin sudah menjadi resiko dan tidak menjadi hal yang mengejutkan bila terjadi pada mobil yang sudah tua. Namun, apabila membeli mobil bekas perlu memperhatikan beberapa kemungkinan ini sebelum memutuskan membelinya.

Asap knalpot ini juga dapat mengakibatkan polusi pada udara sekitar, sehingga orang yang ada di sekitarnya akan mengalami gangguan pada sistem pernafasan. Di samping itu, polusi udara juga dapat menjadi penghalang penglihatan pengendara yang lain karena kepekatan warna yang ditimbulkan.

Baca Juga   Motor Anda Terpaksa Terobos Banjir? Gak Usah Khawatir, Ikuti 8 Tips Aman Berikut

Tanda-tanda Mobil Rusak dari Ngebul

Selain memperhatikan penyebab dari asap knalpot ngebul, juga perlu diperhatikan tanda-tanda yang ditimbulkan. Banyak yang mengatakan mobil ngebul itu tanda jika rusak. Akan tetapi tidak secepat itu memutuskan karena perlu dilakukan identifikasi lebih baik.

Tanda yang bisa dibuktikan misalnya dari warna asap. Hal ini karena warna yang muncul dari asap mobil bermacam-macam. Misalnya asap berwarna abu-abu, kondisi ini biasanya terjadi pada jenis mobil matic.

Warna asap abu-abu biasanya mencerminkan kerusakan yang terjadi pada saluran oli atau pada bagian PVC mobil. Pada saluran, jika terjadi kerusakan oli akan merembes dan bocor masuk ke pembakaran mesin. Sedangkan pada PVC, gas dan uap sisa pembakaran yang masuk akan overload.

Berikutnya ada warna asap putih, warna ini biasanya dijadikan indikator sebagai bentuk kerusakan pada bagian kondensasi di dalam kanal dan juga karena kerusakan pada mesin pembakarnya. Kedua penyebab ini dapat dibedakan dari ketebalan asap yang ditimbulkan.

Kerusakan yang terjadi karena kondensasi yang rusak, maka asap putih yang timbul akan nampak transparan. Namun jika yang rusak bagian pembakarannya, asap yang timbul cenderung tebal.

Warna asap yang berikutnya adalah hitam. Warna asap mobil ini sangat mengganggu sekali, hal ini dikarenakan terjadinya kesalahan pada mesin pembakaran. Kondisi inilah yang memicu bahan bakar tidak dibakar secara sempurna dan asap keluar dengan begitu pekat.

Asap hitam pekat sendiri juga bisa dikatakan sebagai indikasi kerusakan pada komponen mesin mobil seperti saringan udara, karburator mesin, dan masih banyak lainnya. Maka, jika sudah muncul tanda kepulan asap hitam bisa segera periksakan mobil ke bengkel.

Warna asap mobil yang terakhir adalah warna biru ke abu-abuan. Kondisi ini tentu terjadi karena kelainan pada mesin mobil bukan karena kesengajaan untuk memperindah asap. Biasanya hal ini menjadi indikator terbakarnya oli mobil.

Baca Juga   Gagap Teknologi, Ini 7 Istilah Bengkel yang Sering Bikin Bingung

Solusi untuk Asap Kendaraan Ngebul

Menurut beberapa ulasan sebelumnya, sebagai pengguna yang baik dan bijaksana harus tahu juga solusi untuk asap kendaraan yang ngebul. Beberapa solusi tersebut, yang pertama adalah dengan menganalisa baik-baik sumber masalahnya.

Sumber masalah sendiri bisa dilihat dari beberapa komponen mesin mobil. Kegiatan ini dapat dimulai dengan mengecek volume oli. Jika oli pada mesin kurang dari nol maka dapat disimpulkan jika terjadi kebocoran oli yang sangat deras.

Pengecekan berikutnya berlanjut pada indikator yang terletak di dashboard. Apabila lampu check engine menyala, maka segera lakukan pemeriksaan pada sistem injeksi mobil mungkin saja terjadi masalah. Berikutnya saat menghidupkan mesin perlu memperhatikan cara kerja mesin.

Kegiatan pemerhatian cara kerja mesin ini berguna untuk memantau kemulusan penggunaan mobil. Apabila timbul suara-suara yang tidak wajar saat mesin nyala maka harus segera dilakukan perbaikan pada bagian turbo mesin.

Pengecekan masalah-masalah tersebut bisa dilakukan dengan mudah. Apabila Anda mengetahui mesin mobil dengan baik, maka bila terjadi kerusakan knalpot dapat segera ditangani. Namun, jika tidak paham dengan pasti situasi dan kondisi yang harus dilakukan, sebaiknya segera dibawa ke bengkel.

Menyerahkan wewenang pada bengkel ini selain untuk mendapat penanganan yang lebih baik dan masalah yang ada segera teratasi juga untuk mencegah penanganan salah. Oleh sebab itu, Anda harus memperhatikan penanganan kerusakan mesin tersebut pada pihak bengkel terbaik. ***

  • Share