Baterai Laptop Tidak Bisa Diisi? Atasi dengan 7 Cara Ini!

  • Share

SAAT mengerjakan banyak tugas dan laporan, tiba-tiba laptop lowbath? Tentunya ini tidak masalah. Karena laptop bisa segera di-charge!

Namun persoalan akan merembet gawat kalau sudah di-charge ternyata muncul notifikasi “Battery 10% Pluggin In, Not Charging” alias baterai laptop nggak mau terisi. Ini pasti pernah kita temui, umumnya masalah ini terjadi pada laptop yang usianya sudah cukup tua.

Biasanya, hal ini disebabkan oleh beberapa hal, antara lain kapasitas baterai yang sudah menurun atau terdapat masalah pada charger laptop. Namun, sebelum buru-buru menyimpulkan, ya, kamu bisa coba dulu beberapa trik di bawah ini.

Tips Mengatasi Baterai Laptop Tidak Bisa Mengisi

Jika baterai laptopmu tida mengisi, nggak usah panik! Yuk, ikuti 7 tips mengatai baterai laptop yang tidak bisa mengisi berikut.

1. Periksa charger

Hal pertama yang harus kamu lakukan jika baterai laptop nggak bisa mengisi adalah mengecek kondisi charger. Perhatikanlah bagian kabel apakah ada yang berkerut, longgar, atau terbuka.

Cek juga bagian colokan charger ke laptop, siapa tahu ada debu atau kotoran lainnya sehingga membuatnya tidak berfungsi maksimal. Jika memang kotor, bersihkanlah perlahan menggunakan tusuk gigi.

2. Lepas baterai dari laptop, lalu tekan power

Tips mengatasi baterai laptop yang tidak mengisi ini juga bisa kamu coba! Khususnya jika laptopmu memiliki baterai yang bisa dilepas.

Kemudian isilah daya laptop dengan keadaan baterai masih terpisah. Jika laptop menyala normal maka masalah terdapat pada baterai, bukan charger.

3. Tahan tombol power 30 detik

Walau terdengar cukup aneh, tips yang satu ini juga kerap dicoba dan berhasil, lho! Seperti tips sebelumnya, langkah pertama yang harus dilakukan adalah mematikan laptop lalu melepas baterainya.

Baca Juga   Gunakan Processor AMD Ryzen 5000 Series, Lenovo Rilis Yoga 6 Terbaru ! Ini Spesifikasinya

Setelah itu, pasang kembali baterai ke laptop dan tekan tombol power lalu tahan selama 30 detik. Kemudian lepas, lalu nyalakan laptop sambil tekan tombol power seperti biasa.

4. Dinginkan laptop

Apakah laptopmu sering menyala terlalu lama dalam sehari? Jika iya, mungkin laptopmu overheat dan berpengaruh terhadap baterainya.

Baterai laptop sendiri sangat rentan pada suhu panas dan dapat memengaruhi kinerja sensornya. Temperatur yang panas dapat membuat sensor baterai membaca bahwa baterai sudah terisi penuh sehingga bermasalah saat mengisi daya.

Untuk mengatasinya, istirahatkanlah laptopmu, matikan beberapa saat hingga suhunya mendingin. Pastikan juga ventilasi atau sistem cooling pada laptop bersih dan nggak berdebu.

5. Update driver

Tips yang satu ini bisa diterapkan bagi kamu yang laptopnya menggunakan Windows 10. Caranya: bukalah menu “Device Manager” lalu pilih opsi “Batteries” di bagian bawah.

Di opsi “Batteries” ini terdapat beberapa entri, yaitu untuk baterai, charger, dan Microsoft ACPI Compliant Control Method Battery. Klik kanan pada setiap entri, lalu pilih “Properties”.

Setelah itu, pilih “Driver” dan klik “Update Driver” di bagian bawah. Kemudian restart laptopmu dan cobalah charge kembali.

6. Uninstall software management power

Sudah cek kondisi baterai dan laptop, tapi masih belum bisa juga mengisi daya? Mungkin masalahnya berkaitan dengan software, nih!

Ceklah jika laptopmu memiliki software yang berhubungan dengan manajemen power. Misalnya, seperti di laptop Lenovo biasanya sudah ter-install Lenovo Energy Management dari bawaannya.

Jika laptopmu memilikinya, uninstall software tersebut lalu restart. Jika berhasil, indikator baterai akan menunjukkan angka kenaikan daya.

7. Cabut-pasang charger

Sudah mencoba poin nomor 6, tapi indikator bateraimu tetap stuck dan nggak naik-naik? Sudah di-charge, tapi indikator baterainya nggak berjalan? Tips yang satu ini bisa dicoba!

Baca Juga   Mencari Netbook Murah & Berkualitas ? Ini Rekomendasinya

Caranya cukup tricky, yaitu cabut-pasang charger pada laptop beberapa kali, tapi jangan terlalu sering. Ketika charger terpasang, indikator baterai pada laptop akan terlihat berjalan. Tunggu beberapa saaat hingga indikatornya berhenti, lalu cabut pasang kembali. ***

 

  • Share