Jenderal Andika Disetujui Jadi Panglima TNI

  • Share

BuliranNews, JAKARTA – Seperti sudah diprediksi sebelumnya, Komisi 1 Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) RI akhirnya memberikan persetujuan atas pencalonan Jenderal TNI Andika Perkasa sebagai calon panglima TNI menggantikan Marsekal Hadi Tjahjanto.

Persetujuan itu sendiri, diberikan dalam rapat internal Komisi I DPR yang digelar setelah uji kelayakan dan kepatutan atau fit and proper test terhadap Jenderal Andika pada Sabtu (6/11).

“Memberikan persetujuan terhadap pengangkatan calon panglima TNI Jenderal TNI Andika Perkasa, SE, MA, MSc sebagai Panglima TNI,” kata Ketua Komisi I Meutya Hafid.

Meutya menambahkan, rapat internal Komisi I DPR juga menyetujui pemberhentian dengan hormat Marsekal Hadi Tjahjanto sebagai Panglima TNI, serta memberikan apresiasi atas dedikasinya.

Selanjutnya, hasil rapat internal tersebut akan dibawa ke rapat paripurna pada Senin (8/11) besok untuk diberikan persetujuan oleh DPR.

Adapun visi yang diusung Andika sebagai calon panglima TNI adalah “TNI Adalah Kita”.

Dia menjelaskan, dengan visi tersebut, ia ingin agar TNI dipandang sebagai bagian dari masyarakat Indonesia maupun internasional.

“Jadi kalau berangkat dari vision statement, Ibu (Ketua Komisi I DPR), saya memilih ‘TNI Adalah Kita’. Memang sangat singkat sekali, tetapi justru di sini saya ingin masyarakat Indonesia, masyarakat internasional untuk melihat TNI ini sebagai kita, atau bagian dari mereka,” jelas Andika.

Seperti diketahui, Andika merupakan calon tunggal panglima TNI yang diusulkan Presiden Joko Widodo untuk menggantikan Marsekal Hadi Tjahjanto yang akan pensiun dalam waktu dekat. (*/ktn)

Baca Juga   Gawat, 1.251 WNI Jadi Foreign Terrorist Fighter
  • Share